Selasa, 17 Juli 2012

FEST YUNANI


SMAN 3 IKUTI FESTIVAL SUN AND STONE, YUNANI

         London, 9/7 (ANTARA) - Tepuk tangan yang meriah menandai penampilan grup budaya SMA Negeri 3 Jakarta pada Festival Folklore International Makedonia Timur dan Thraki ke 32 yang diadakan di kota Kavala, Yunani selama seminggu.

        Penampilan tim SMA Negeri 3 terdiri atas 25 penari dan pemusik dipimpin oleh ketua rombongan Ibu Ita Moethalib,  ujar Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Athena, Jani Mediawati Sasanti kepada Antara London, Senin.

        Jani Mediawati Sasanti menjelaskan pada acara pembukaan di Teater Akondisma, Grup SMAN 3 tampil di urutan terakhir dengan membawakan tari Nandak Ganjen dari Betawi berhasil memikat sekitar 300 pengunjung pertunjukan.

        Acara pembukaan dihadiri Walikota Kavala, Konstantinos Simitsis, anggota parlemen dan wakil Prefektur  Kavala serta perwakilan dari Kedutaan Besar Indonesia ,India, serta Turki.

        Penari dan pemusik  dengan gerak yang lincah dan kompak diiringi musik gamelan yang dimainkan secara langsung atau live oleh pemusik menjadi daya tarik tersendiri.

       Festival diselenggarakan lembaga budaya Sun and Stone dan atas dukungan pemerintah daerah Kavala dan International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Arts (CIOFF) Yunani, menampilkan lima grup internasional yaitu Indonesia, India, Turki, Meksiko, Bosnia Herzegovina,dan tiga kelompok dari Yunani.

     Ketua penyelenggara Festival, Kaplanis mengungkapkan rasa gembira karena Kavala masih dapat menyelenggarakan festival walau dalam krisis seperti saat ini.

       Menurut Kaplanis,  kesuksesan festival adalah kesuksesan masyarakat Kavala , sehingga diharapkan dukungan dan kerja sama dari masyarakat dan pemerintah kota Kavala. Ia juga mengajak masyarakat mencintai budaya tradisional, menghargai dan mengenal budaya bangsa lain.

     Walikota Kavala, Konstantinos Simitsis menyampaikan selamat datang kepada wakil dari kedutaan dan mengharapkan melalui festival kekayaan budaya negara peserta dapat lebih dikenal masyarakat Yunani terutama penduduk Kavala dan kota sekitarnya.

     Kepala Fungsi Pensosbud mewakili KUAI KBRI Athena menyampaikan terima kasih atas undangan dari pihak panitia serta kesempatan yang diberikan kepada grup dari Indonesia untuk berpatisipasi dalam festival kali ini.

         Selain itu juga ucapan selamat kepada Sun and Stone penyelenggara festival yang dalam keadaan serba sulit seperti saat ini dan diharapkan jalinan kerja sama terus berlanjut.

     Grup Folklore SMA Negeri 3 Jakarta selama festival menampilkan koreografi tarian Saman dari Aceh, Nandak Ganjen dari Betawi, Piring dari Sumatera Barat, Lontar dari NTB, Soya-soya dari Sulawesi, Tifa dari Papua dan Tokecang dari Jawa Barat.

       Seluruh grup setiap harinya tampil di beberapa daerah Kavala yaitu di benteng Acropoli Kavala, teater kuno Filipi, dan teater di Pulau Thasou.

     Selain penampilan di berbagai teater kota, setiap negara juga berkesempatan untuk mengikuti bazaar . Kios Indonesia menampilkan berbagai kerajinan perak dan kulit serta batik.

       Berbagai brosur tentang Indonesia dalam bahasa Inggris dan Yunani yang disediakan oleh KBRI Athena juga dibagikan kepada para pengunjung.

     Partisipasi SMA Negeri 3 pada festival ini setelah selama empat  tahun absen dari festival Sun and Stone. ***3***

zg/c/a011
(T.H-ZG/C/A011/A011) 09-07-2012 08:06:49

Tidak ada komentar: