Rabu, 18 Juli 2012

HUB RI - IRLANDIA


DUBES : HUBUNGAN RI - IRLANDIA PERLU PENINGKATAN

          London, 18/7 (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris dan Irlandia, T. M. Hamzah Thayeb  mengakui hubungan RI-Irlandia masih memerlukan upaya peningkatan di segala bidang terutama pada investasi, perdagangan, pariwisata dan pendidikan.

         Ha itu disampaikan Dubes dalam kunjungan kerja ke Dublin, Irlandia menghadiri  Asia Pacific Ireland Business Forum (APIBF), demikian Sekretaris Pertama KBRI London Vitto Rafael Tahar kepada ANTARA London, Rabu.

         Vitto Rafael Tahar mengatakan kegiatan AIPBF ini merupakan forum reguler dari kalangan usaha Irlandia yang memfokuskan pada upaya peningkatan pemahaman kalangan usaha setempat terhadap perkembangan kondisi dan situasi bisnis di kawasan Asia, serta peluang yang dapat dimanfaatkan oleh kalangan usaha Irlandia.

         Dubes T. M. Hamzah Thayeb  menjadi panelis pada sesi diskusi mengenai potensi ekonomi dan bisnis di Asia yang dipandu oleh mantan Menlu Irlandia, Dick Spring bersama-sama dengan Duta Besar beberapa negara Asia lainnya seperti Jepang, Korea Selatan, Malaysia dan Filipina.

         Dalam kesempatan ini Dubes RI telah menyampaikan Indonesia saat ini telah mengalami transformasi dalam skala besar, dari negara yang memiliki sistem yang otoriter menjadi negara demokratik dan terbuka seperti saat ini.

         Dikatakannya kondisi ekonomi Indonesia saat ini sangat positif yang ditandai dengan pertumbuhan ekonomi tinggi. 
    Sementara itu tingkat permintaan domestik yang tinggi telah memperkuat daya tahan perekonomian Indonesia, sehingga tidak banyak terpengaruh oleh kondisi krisis Eurozone dewasa ini. Kondisi yang positif ini tentunya menawarkan banyak peluang bisnis bagi kalangan usaha Irlandia, ujarnya.

         Dubes RI juga menggunakan pertemuan tersebut untuk mengundang para pengusaha Irlandia untuk turut menghadiri Trade Expo yang akan diselenggarakan di Jakarta, Oktober 2012.

         Sementara itu dalam kesempatan di luar forum, Dubes RI melakukan audiensi singkat, bersama beberapa Duta Besar negara Asia lainnya, kepada PM Irlandia, Enda Kenny TD yang telah hadir memberikan keynote speech dalam forum APIBF tersebut.

         Vitto Rafael Tahar mengatakan kehadiran Duta Besar RI juga banyak mendapatkan perhatian dan antusiasme kalangan usaha Irlandia yang menanyakan secara langsung mengenai kondisi dan peluang bisnis di Indonesia.

         Dikatakannya masih perlu kiranya ditingkatkan upaya-upaya untuk lebih mengenalkan Indonesia kepada kalangan bisnis Irlandia, mengingat masih belum maksimalnya pemahaman terhadap Indonesia.

         Selanjutnya kesempatan ini telah dimanfaatkan pula oleh KBRI London untuk berpartisipasi dalam kegiatan pameran investasi dan perdagangan bersama beberapa perwakilan negara Asia lainnya, seperti Jepang, Korea, Malaysia, Filipina dan Vietnam yang dilaksanakan sela-sela kegiatan APIBF tersebut.

         Forum APIBF ini merupakan forum yang dibentuk oleh lembaga Gaelic Athletic Association (GAA), asosiasi penggemar olah raga tradisional Irlandia di kawasan Asia, dengan tujuan memanfaatkan jejaring GAA untuk mendukung aktivitas bisnis kalangan usaha Irlandia di kawasan Asia.

         Pada awalnya forum APIBF lebih banyak melakukan aktivitas di berbagai kota kawasan Asia, namun sejak tahun 2011 kegiatan APIBF tersebut telah diselenggarakan di Irlandia.

         Pelaksanaan APIBF untuk tahun ini menggunakan tema "Asia Now" untuk semakin menekankan pentingnya kawasan Asia bagi perekonomian Irlandia.

         Selanjutnya forum APIBF ini akan diselenggarakan kembali di Kuala Lumpur pada bulan Oktober 2012 mendatang.

    ***3***
(ZG)

                       

(T.H-ZG/B/E008/E008) 18-07-2012 06:33:52

Tidak ada komentar: