Selasa, 03 Juli 2012

GURU PERANCIS


                GURU PRANCIS MENULIS "BANGKITNYA RAKSASA INDONESIA"

         London, 1/7 (ANTARA) - Seorang guru Prancis James Sodatmay dari Lycee Chaptal, Mende menuliskan buah pikirannya tentang  Indonesia yang berjudul "Bangkitnya raksasa - Indonesia".

        James Sodatmay bersama para guru SMA dan SMP di seluruh Prancis mengikuti lomba esai atau tulisan bebas bertema Indonesia yang diadakan KBRI Paris.

        Atase Pendidikan KBRI Paris, Syafsir Akhlus, kepada ANTARA Minggu mengatakan dua pemenang lomba essai mendapatkan hadiah tiket pergi pulang Paris Jakarta dari Kantor Atase Pendidikan KBRI Paris.

        Syafsir Akhlus mengatakan lomba esai untuk guru di Prancis itu digelar sebagai ajang diplomasi dan promosi Indonesia melalui media pendidikan.

         Lomba penulisan esai merupakan rangkaian lomba pidato berbahasa Indonesia untuk mahasiswa Prancis yang diadakan KBRI Mei lalu.

        Lomba penulisan esai ditujukan untuk Guru SMA dan SMP se Prancis dengan tujuan agar para guru dapat menaruh perhatian terhadap Indonesia, dan memberikan pengetahuan tentang Indonesia kepada siswa-siswa yang mereka didik.

        Diharapkan dengan adanya pergantian siswa setiap tahun, maka secara tidak langsung promosi tentang Indonesia akan berlansung dan jumlah kaum muda Prancis yang mengenal Indonesia dari pendekatan akademik akan semakin bertambah.

        Lomba yang baru pertama kalinya diadakan di KBRI Paris ini mengangkat tema umum yaitu Indonesia. Para peserta menuliskan pengetahuan dan opininya tentang Indonesia dalam bahasa Prancis.

        Kantor Atase Pendidikan mengirimkan undangan kepada seluruh guru SMA/SMK (Lycée) dan SMP (Collège)   melalui 25 academie (kantor dinas provinsi) yang ada di Prancis.

        Tulisan yang masuk dievaluasi tiga juri yaitu dosen l'Université de La Rochelle, Philippe Granger, dan Dominique Dubois dari l'Université d'Angers dan mantan Atase Pendidikan pada Kedutaan Prancis di Jakarta, dan Gustaf. D. Sirait, dari KBRI Paris.

        Kriteria penilaian yang ditetapkan dalam mengevaluasi tulisan adalah keaslian gagasan, deskripsi dan eksplorasi informasi dan pengetahuan tentang Indonesia, keutuhan dan kesinambungan tulisan.

       Pada peserta diberikan kesempatan untuk memperkenalkan diri sekaligus menjelaskan latar belakang dan ringkasan tulisannya.

        Diantara peserta, hanya satu peserta yang sudah mengenal dan pernah tinggal di Indonesia, sedangkan peserta lainnya hanya mengetahui Indonesia lewat tulisan dan media lainnya.

       Selain itu juga dinilai daya tarik dan keunikan judul/tulisan, serta kualitas bahasa dan penulisan yang dilakukan secara anonim, para juri menerima kopi tulisan tanpa identitas penulis.

        Pada umumnya peserta menyadari Indonesia negara yang besar dan berperan penting di Dunia, bahkan beberapa diantaranya memberikan tugas kepada siswa mengetahui lebih banyak tentang Indonesia melalui topik-topik khusus seperti ekonomi dan pariwisata.

        Dalam acara pengumuman pemenang digelar acara hiburan musik gamelan dari grup Panca Indera, tarian Selat Segara oleh grup Sekar Jagad serta tarian Baris dibawakan Nararya Narottama dari PPI Paris.

       Pengumuman pemenang oleh Gustaf Sirait mewakili dewan juri dan Atase Pendidikan KBRI Paris Syafsir Akhlus,  penyerahan hadiah utama berupa tiket pergi pulang Paris Jakarta kepada Sandie Bujana dari Lycée Polyvalent dan Pascale Sabatier  dari Lycée Professionnel Françoise, mendapat hadiah tiket ke Jakarta.

       Peserta lainnya mendapatkan hadiah e-book reader dan beberapa buku tentang Indonesia, salah satunya diantaranya buku pelajaran Bahasa Indonesia bagi penutur Prancis.

       Diantara peserta menyampaikan komitmen untuk terus mempelajari dan menyampaikan informasi tentang Indonesia kepada murid dan berencana mengunjungi Indonesia dalam waktu dekat ini.  ***3***
(ZG/c/a011
(T.H-ZG/C/A011/A011) 01-07-2012 07:49:27

Tidak ada komentar: