Selasa, 12 Februari 2013

SOSIAL



MASYARAKAT INTERNASIONAL GALANG DANA ANAK PUTUS SEKOLAH

     Oleh Zeynita Gibbons

   London, 4/2 (ANTARA) - Masyarakat berbagai bangsa yang tergabung dalam organisasi "K5 Baslerkurszentrum aus 5 Kontineneten" menggelar penggalangan dana bagi anak-anak putus sekolah di Indonesia.

        Organisasi yang berada dibawah naungan  Departemen Integrasi Daerah Bagian Basel, Swiss,  mengadakan penggalangan dana yang dinamakan "Olla Comun" atau  makan bersama diambil dari bahasa Spanyol, ujar Koordinator Proyek Bantuan untuk Anak-Anak Indonesia di Basel, Swiss, Ersalina Schmidlin kepada ANTARA London, Senin.

        Dikatakannya hasil sumbangan diberikan untuk membantu anak-anak putus sekolah  yang berada di bawah naungan Yayasan Obor Berkat Indonesia (OBI) yang sejak 2008  mendirikan sekolah setaraf SMA  bernama "House of Art'.

        "House of Art" mengajarkan anak-anak  membatik yang diharapkan nantinya anak-anak ini bisa mandiri dan membantu keluarga mereka, ujar  Ersalina Schmidlin  yang mengakui dalam acara penggalangan dana kali ini mendapat dukungan dari KBRI Bern.

        Penggalangan dana ini dipelopori oleh negara Chili yang juga mengadakan penggalangan dana agar bisa membantu proyek di negara mereka.

        Hal ini  menjadi bagian dari kegiatan rutin dari K5, sampai saat ini negara yang ikut berpartisipasi sudah mencapai 24 negara, termasuk Indonesia, yaitu dengan memperkenalkan kuliner tradisional dan nantinya setiap tamu yang datang menyumbangkan uang ke proyek negara masing-masing.

        Dikatakannya, sejak 2005 bermitra dengan Yayasan OBI untuk bantuan yang dititikberatkan untuk anak-anak tidak mampu seperti anak-anak yang mempunyai penyakit parah,  membantu dalam bidang pendidikan serta yang mengalami bencana alam.

        Menurut Ersalina Schmidlin, pada tahun 2003 ia bersama beberapa rekan di Kota Basel bergabung dalam organisasi K5 Baslerkurszentrum aus 5 Kontineneten, yaitu organisasi yang mempunyai kegiatan di bidang pendidikan dan sosial khususnya bagi para pendatang dari lima kontinen yang tinggal di Kota Basel.  ***4*** (ZG)

(T.Z. Gibbons/B/S. Muryono/S. Muryono) 04-02-2013 19:38:45

               

Tidak ada komentar: