Rabu, 22 Januari 2014

HELSINKI

INDONESIA RAMAIKAN PAMERAN PARIWISATA EROPA UTARA 2014

Oleh Zeynita G
London, 20/1 (Antara) - Indonesia ikut meramaikan pameran pariwisata kawasan Eropa Utara Matka 2014 Nordic Travel Fair di Helsinki, Finlandia, antara lain dengan menghadirkan Rangda dan Barong yang menarik perhatian pengunjung pameran tersebut.

Sekretaris Pertama Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Helsinki, Made P Sentanajaya kepada Antara London, Senin, mengatakan Indonesia melalui KBRI Helsinki berpartisipasi pada pameran pariwisata terbesar di kawasan Eropa Utara yang berlangsung 16-19 Januari 2014 itu.

Ia mengatakan dalam Matka 2014 Nordic Travel Fair yang diikuti 1.102 peserta dari 81 negara dikunjungi tidak kurang dari 76.000 pengunjung itu, Indonesia menampilkan tema "Mystical Bali" dengan mengusung Rangda dan Barong sebagai dekorasi utama.

Stan Indonesia dirancang KBRI Helsinki bersama dengan seniman Bali dan masyarakat Indonesia yang ada di Finlandia dengan kehadiran Rangda dan Barong yang memiliki daya magis tersendiri dan mampu menarik perhatian pengunjung untuk setidaknya berhenti dan berfoto di depan stan Indonesia.

Dua biro perjalanan wisata Indonesia juga secara khusus datang dari Stockholm, Swedia untuk turut memasarkan produk pariwisata Indonesia di pasar di Finlandia.

Selain "Mystical Bali", kehadiran Indonesia selama Matka 2014 juga dimeriahkan dengan pertunjukan budaya Indonesia yang ditampilkan baik di depan stan Indonesia maupun di panggung-panggung pertunjukan yang terdapat di area pameran.

Pertunjukan budaya Indonesia dipersembahkan kelompok tari Bhinneka Indonesia dan Banyu Petak Indonesia yang beranggotakan masyarakat Indonesia di Finlandia dengan menampilkan sebanyak empat tarian yaitu Lenggang Nyai, Gaba-gaba, Jaipong dan Puspa Meka selama tiga hari berturut-turut.

Menurut Made P Sentanajaya, arak-arakan Barong yang mengiringi penari dari stan Indonesia menuju panggung pertunjukan mampu menyedot perhatian pengunjung untuk menyaksikan pertunjukan Indonesia.

Partisipasi Indonesia di Matka 2014 mendapatkan perhatian dan liputan dari media setempat. Tidak kurang dari stasiun TV utama Finlandia "YLE TV1" menampilkan berita mengenai pertunjukan dan stand Indonesia pada Matka 2014.

Indonesia mengharapkan upaya promosi pariwisata Indonesia melalui partisipasi pada Matka Nordic Travel Fair akan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan Finlandia ke Indonesia.

Sebanyak empat juta masyarakat Finlandia berusia 15-85 tahun atau 92 persen dari seluruh penduduk Finlandia melakukan perjalanan wisata ke luar negeri setiap tahunnya. ***2***(ZG)

(T.H-ZG/B/A. Salim/A. Salim) 20-01-2014 12:52:06

Tidak ada komentar: