Senin, 27 Januari 2014

VISA


MENLU TANDATANGANI BEBAS VISA PASPOR RI-PRANCIS
          London, 27/1 (Antara) - Menteri Luar Negeri RI, R.M. Marty M. Natalegawa, menandatangani kesepakatan bebas Visa Kunjungan Jangka Pendek bagi Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas dengan Menlu Prancis dalam kunjungan kerja ke negara itu tanggal 25-26 Januari 2014.

         Penandatangan kerja sama di Kemlu Prancis, Sabtu (25/1), itu dilakukan kedua menteri dalam rangka memperkokoh Kemitraan Strategis RI-Prancis yang diluncurkan pada Juli 2011.

         Sekretaris Kedua Pensosbud KBRI Paris Agus Badrul Jamal kepada Antara London, Minggu, mengatakan kunjungan kerja Marty Natalegawa itu sekaligus sebagai balasan atas kedatangan Menlu Prancis Laurent Fabius ke Jakarta pada awal Agustus 2013.

         Menlu Marty mengatakan bahwa pertemuan dengan Menlu Prancis itu merupakan penegasan kembali komitmen bersama untuk terus meningkatkan hubungan bilateral berdasarkan kemitraan strategis kedua negara, seperti yang tertuang dalam Joint Declaration on Strategic Partnership tahun 2011.

         Selain diharapkan akan semakin mendorong peningkatan hubungan dan kerja sama antarinstitusi kepemerintahan, lembaga negara dan parlemen di berbagai bidang, kesepakatan ini dapat menjadi pijakan awal ke arah intensifikasi kontak pada tatanan people-to-people.

         Pertemuan bilateral juga dimanfaatkan Menlu RI untuk melanjutkan diskusi dengan Menlu Prancis yang sebelumnya dilaksanakan di Jakarta, tanggal 1 Agustus 2013, terkait implementasi Kemitraan Strategis.

         Kedua Menlu sepakat mengadakan pertemuan reguler yang mengkaji dan membahas kemajuan implementasi Kemitraan Strategis ke depan.

         Menlu Laurent Fabius juga menyampaikan pandangan yang sama dan menegaskan arti penting Indonesia bagi Prancis sebagai salah satu negara kunci di kawasan.

         Kedua Menlu membahas pengembangan hubungan dan kerja sama bilateral kedua negara dalam lima bidang prioritas yakni perdagangan dan investasi; pendidikan; industri pertahanan; kebudayaan dan pariwisata, serta lingkungan/pengurangan dampak perubahan iklim.

         Mereka menyambut baik rencana pertemuan forum bisnis bersama bidang ekonomi pada tahun 2014 yang diharapkan dapat mendorong peningkatan volume perdagangan dan nilai investasi antara kedua negara.

         Kedua negara sepakat untuk mendorong realisasi kerja sama di bidang lingkungan dalam kerangka UNFCCC yang akan dilaksanakan di Paris pada tahun 2015. Kedua negara berencana meluncurkan showcase kerja sama RI-Prancis di bidang climate change untuk menyongsong pertemuan COP-21 di Paris.

         Disepakati pula pentingnya mengadakan pertukaran budaya kedua negara yang lebih intensif, dan penyelenggaraan tahun budaya Indonesia-Prancis pada 2017.

         Selain itu, dibahas pula pentingnya meningkatkan kerja sama pendidikan antara kedua negara.

         Pada tingkat global dan kawasan, kedua Menlu juga membahas isu-isu yang menjadi perhatian bersama. ***3***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 27-01-2014 05:48:59

Tidak ada komentar: