Senin, 30 Maret 2015

BRUSEL

PENGUSAHA DIGITAL INDONESIA KERJASAMA DENGAN BELANDA - PERANCIS

          London, 27/3 (Antara) - PT Fusi Global Teknologi, Pusat Mikroelektronika ITB menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Prodrive Technologies , perusahaan di Eindhoven, Belanda untuk penyediaan 250 unit produksi LTE (long term evolution).

         Selain itu perusahaan Indonesia lainnya  Solusi247 juga menandatanggani kerjasama dengan Innovative Routines International (IRI),  perusahaan TIK yang bermarkas di AS dan memiliki cabang di Perancis, untuk kerjasama dalam pengembangan big data solution,  kata Counsellor KBRI Brusel,  Riaz JP Saehu kepada Antara London, Jumat.  
    Penandatanganan kedua MOU senilai kontrak dua Juta Dollar AS tersebut, disaksikan Kuasa Usaha ad Interim KBRI Brussel, Ignacio Kristanyo Hardojo dan pejabat dari Kementerian Perindustrian RI dan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Ruang Garuda KBRI Brussel, tambah Riaz.

         Kuasa Usaha ad Interim KBRI Brussel, Ignacio Kristanyo Hardojo mengatakan partisipasi Indonesia dalam CeBIT yang diprakarsai bersama  KBRI Brussel dan Kementerian Perindustrian RI sejak tahun 2011 akan terus dipertahankan karena merupakan ajang yang tepat dalam diplomasi ekonomi digital Indonesia di Eropa.

          Dikatakannya hal ini juga dalam rangka menyaingi beberapa negara antara lain India, Filipina, RRT, dan Ghana yang masih lebih unggul dari Indonesia dalam hal negara tujuan alih produksi produk-produk TI.

         Seluruh perusahaan yang menjalin kerjasama tersebut, sebelumnya telah sama-sama mengikuti pameran teknologi digital CeBIT 2015 di Hannover, Jerman pada tanggal 16 hingga 20 Maret lalu.  
    Bagi PT Fusi Global Teknologi dan Pusat Mikroelektronika ITB, MOU kali ini bukan yang pertama kalinya, karena tahun lalu juga menandatangani MOU dengan  perusahaan Jerman yaitu MIMOon GmbH bertempat di KBRI Brussel.

         Selain menjalin kerjasama, KBRI Brussel  menjadikan pertemuan di Brussel sebagai ajang membangun jaringan agar dapat diidentifikasi berbagai peluang baru kerjasama antara pelaku usaha dari Indonesia dengan mitranya di Eropa.  
   Setelah acara di Brussel, para pengusaha  dan teknisi TI Indonesia melanjutkan perjalanan ke Eindhoven, Belanda untuk acara "Indonesian Day" dan selanjutnya ke Helsinki dalam rangka pertemuan bisnis dengan mitra di Finlandia pada tanggal 25 Maret 2015.

         Di samping dua MOU tersebut, terdapat pula komitmen lainnya yang dibuat antara perusahaan-perusahaan Indonesia dengan perusahaan asal Eropa dan Timur Tengah di tengah-tengah penyelenggaraan CeBIT 2015 senilai lebih dari empat Juta Dollar AS.***3***
(ZG)
(T.H-ZG/B/A. Lazuardi/A. Lazuardi) 27-03-2015 21:19:14

Tidak ada komentar: