Senin, 30 Maret 2015

MEKSIKO

RI KOMITMEN TINGKATKAN KERJASAMA DENGAN EL SALVADOR

     Oleh Zeynita Gibbons    
   London, 27/3 (Antara) - Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Meksiko Serikat merangkap Belize, El Salvador, Guatemala dan Honduras  Yusra Khan menyampaikan komitmen untuk meningkatkan kerjasama  diberbagai bidang dengan El Salvador.

        Sekretaris II /Penerangan & Sosial Budaya KBRI Meksiko, Febby Fahrani kepada Antara London, Jumat mengatakan Dubes Yusran Khan menyampaikan komitmen itu saat menyerahkan Surat-Surat Kepercayaan (Letter of Credentials) kepada Presiden Republik El Salvador, Salvador Sánchez Cerén, yang dalam kesempatan tersebut didampingi Menteri Luar Negeri, Hugo Martínez.

        Dubes Yusra Khan, menyampaikan salam hangat Presiden RI kepada Presiden Sánchez Cerén, pemerintah dan rakyat El Salvador dan menyampaikan harapan Pemerintah RI dalam meningkatkan hubungan bersahabat antara kedua negara.

        Selain itu juga disampaikan masih terdapat beberapa potensi kerja sama strategis yang dapat dikembangkan, seperti perdagangan komoditas, otomotif dan manufaktur.

        Dalam kesempatan itu Presiden Sánchez Cerén menyampaikan ucapan salam kepada Presiden Joko Widodo, pemerintah dan rakyat Indonesia ia juga mengharapkan  hubungan persahabatan yang baik dan kerja sama antara kedua negara yang berjalan sejak dibukanya hubungan diplomatik pada 2011 dapat lebih dipererat dan ditingkatkan melalui kerjasama di berbagai bidang, seperti perdagangan, investasi, pariwisata, dan pendidikan.

        Upacara penyerahan Surat Kepercayaan diakhiri dengan ramah tamah antara Presiden El Salvador dan Menteri Luar Negeri El Salvador dengan Dubes Yusra Khan dan enam Dubes non-resident untuk El Salvador, yaitu Dubes Filipina, Dubes Thailand, Dubes Viet Nam, Dubes Swedia, Dubes Aljazair, dan Dubes Serbia, yang  juga menyerahkan surat kepercayaannya kepada Presiden Sánchez Cerén.

        Dubes Yusra Khan juga menyampaikan pada  Menlu Hugo Martinez terkait permintaan dukungan kepada Menteri Martinez untuk penunjukkan  Konsul Kehormatan RI di El Salvador sehingga kerja sama ekonomi dan perdagangan antara kedua negara dapat lebih terfasilitasi dan intens.

        Selain menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden El Salvador, pada kunjungan ke San Salvador, Dubes  juga melakukan beberapa pertemuan bilateral dengan Menteri Ekonomi, Menteri Pariwisata, Wakil Menteri Pendidikan dan pertemuan dengan jajaran Kamar Dagang dan Industri El Salvador.

        Dalam pertemuan dengan Menteri Ekonomi Tharsis Solomon Lopez, Dubes Yusra Khan  sepakat mendorong kembali ekspor gula El Salvador ke Indonesia dan mengharapkan penetrasi produk andalan Indonesia, seperti suku cadang mobil dan produk manufaktur lainnya ke El Salvador.

        Saat bertemu dengan Kamar Dagang dan Industri El Salvador, disepakati untuk mengembangkan kegiatan promosi dan mempererat hubungan antara sektor swasta serta mengidentifikasi peluang kerjasama dan proyek-proyek investasi dalam bidang-bidang yang menjadi perhatian bersama.

        Dalam pertemuan dengan Menteri Pariwisata Jose Napoleon Duarte Duran dibahas upaya meningkatkan jumlah wisatawan dari El Salvador ke Indonesia dan sebaliknya dengan salah satunya melakukan kegiatan familirization trip.

        Dubes juga melakukan pertemuan dengan Wakil Menteri Pendidikan bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Erlinda Hándal Vega, dalam upaya peningkatan kerja sama pendidikan dengan melakukan perjanjian kerja sama pendidikan antar Perguruan Tinggi.

        Dubes Yusra Khan mendorong  El Salvador  berpartisipasi dalam program beasiswa yang ditawarkan Indonesia, Darmasiswa dan Kerja sama Negara Berkembang (KNB).

        Sementara itu, Wakil Menteri Erlinda Hándal mengharapkan Indonesia berpartisipasi dalam pembangunan Pusat Riset di bidang cytogenetics, kimia, matematik yang sedang dikembangkan Pemerintah El Salvador.

    ***2***
(T.H-ZG/C/P.H. Prabowo/P.H. Prabowo) 27-03-2015 15:44:42
MEKSIKO

Tidak ada komentar: