Senin, 30 Maret 2015

JAIPONG

JAIPONG GOYANG FESTIVAL ORIENTAL TERBESAR DI ITALIA

     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 25/3 (Antara) - Tarian khas Sunda Jaipong yang dibawakan sejumlah penari asal Indonesia telah menggoyang Italia dalam acara Festival Dell Oriental di Kota Turino.

         "Kami senang bisa menampilkan berbagai tarian dari Indonesia di Italia, termasuk Jaipong," ujar salah satu penari Amie Tanoewidjaja yang bersama adiknya Febrie Tanoewidjaja membentuk grup tari  InaDance di Belanda kepada Antara London, Rabu.

         Para seniman yang tampil di Italia itu adalah penari kelahiran Indonesia  yang menetap di Belanda, yakni Amie Tanoewidjaja bersama  Rahmida Patmawati, dan pelajar Jane Samosir serta gadis peranakan Indonesia-Belanda Manuela Biesheuvel.

         Festival Dell Oriental tahun 2015 yang diadakan di Kota Turino merupakan festival Asia terbesar yang digelar di berbagai kota di Italia berlangsung dari 20 hingga 29 Maret menampilkan tidak saja kesenian dari berbagai negara di Asia, tetapi juga kuliner yang menarik perhatian masyarakat setempat.

         Menurut Amie, ia ikut mempromosikan budaya Indonesia melalui tarian dalam Festival Dell Oriental yang diadakan di Italia untuk kali ke dua. Sebelumnya Amie tampil hanya berdua dengan sang adik Febrie di Kota Padova, Desember 2014.

         Selain membawakan tarian jaipong yang dinamis, Amie bersama tiga rekannya menampilkan Tari Bajidor Kahot yang dipadukan dengan Tari Payung, Tari Kembang Girang dari Bali dan Tari Kaca-Kaca yang diciptakan Amie dan Febrie.

         Sementara bagi Manuela Biesheuvel belajar tari Jaipong saat ia berkunjung ke tanah kelahiran sang bunda di Bandung.

         Amie Tanoewidjaja yang lahir di Sukabumi dan menetap 28 tahun di Amsterdam, Belanda, belajar menari traditional Indonesia sejak umur 15 tahun dan mulai tahun 2007 Amie dan Febrie Tanoewidjaja membentuk kelompok tari InaDance.

         Ia mengatakan setiap tampil di Festival Dell Oriental selalu mendapat sambutan meriah dari penonton.

         "Penonton bahkan mengajak kami foto bersama dan bertanya kami berasal dari negara mana," ujar Amie yang merasa bangga bisa ikut mempromosikan budaya Indonesia di Italia.

         Penari yang tergabung dalam InaDance yang tampil di Festival Dell Oriental, Jane Samosir yang tengah menuntut ilmu di NHGV Breda adalah anggota paduan suara Exaudia Choir yang sering tampil di berbagai negara di Eropa, di antaranya di Festival Dell Oriental di Carara, Italia.

         Selain itu Rahmida Patmawati, lulusan ISI Yogyakarta dan seorang koreografer pada tahun 2010 pindah ke Belanda dan tinggal di Kota Tilburg. Ia  menari sebagai freelance di beberapa grup taro di wilayah itu.

         "Kami sangat bangga Rahmida ikut bergabung dengan InaDance di Festival ini," ujar Amie.

         Manuela lulusan dari sekolah seni Amsterdam Hogeschool voor de Kunsten (AHK) di Amsterdam pada tahun 2012 belajar menari di ISI Yogyakarta dan pada tahun lalu ke Indonesia khusus belajar tari Jaipong.

    ***1***
(T.H-ZG/B/M.M. Astro/M.M. Astro) 25-03-2015 06:20:35

Tidak ada komentar: