Rabu, 04 Maret 2015

POLANDIA

GONTHA: POLANDIA JADI MODEL DI UNI EROPA

     Oleh Zeynita Gibbons

   :ondon, 4/3 (Antara) - Dubes RI untuk Polandia Peter F Gontha menyebutkan  Polandia yang sejak tahun 1989 menjadi negara demokratis  dan 1 Mei 2004 masuk dalam  Uni Eropa, dapat menjadi  "role model" negara Eropa Tengah dan Timur dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil.

        Hal itu disampaikan Dubes Peter F Gontha didampingi Fungsi Politik dan Penerangan yang melakukan "courtesy call" secara terpisah dengan Wakil Ketua Parlemen Polandia Jerzy Wenderlich dan Ketua Senat Polandia Bogdan Borusewicz, demikian Fungsi Politik dan Penerangan Minister KBRI Warsawa Counsellor Bambang Prihartadi kepada Antara London, Rabu.

        Peter Gontha mengatakan  pentingnya  meningkatkan hubungan Polandia-Indonesia di tingkat politik maupun ekonomi.

        Pada kesempatan itu dibahas rencana kunjungan Menlu, Parlemen, dan Presiden Polandia ke Indonesia yang akan dilakukan setelah pemilu presiden Mei mendatang atau setelah pemilu parlemen bulan Oktober.

        Dubes yang bertemu dengan Menlu Polandia Grzegorz Schetyna menyampaikan tujuan utama pertemuan tersebut adalah untuk meminta dukungan dalam melaksanakan diplomasi ekonomi Indonesia dari pihak DPR Polandia Senat Polandia dan Kementerian Luar Negeri Polandia.

        Pada pertemuan dengan Wakil Ketua Parlemen Polandia, Ketua Senat Polandia dan Menteri Luar Negeri Polandia, Dubes menyampaikan pentingnya peran Polandia di Eropa Tengah dan Timur  dan di Uni Eropa.

        Gontha menyampaikan kepada pihak Polandia rencana memperkuat kerja sama ekonomi, terutama di bidang pembangkit listrik dan sektor maritim serta upaya untuk mempromosikan parawisata Indonesia di Polandia.

        Dubes meminta dukungan Polandia dalam upaya melaksanakan proyek ekonomi yang  direncanakan. Sebaliknya, KBRI  akan mengupayakan ekspor produk buah-buahan seperti apel dan skimmed milk (bahan baku susu bubuk) Polandia dapat diekspor dan dipasarkan ke Indonesia.

        Dia juga menyampaikan  Indonesia akan mengupayakan menggunakan perannya yang cukup signifikan di negara-negara ASEAN untuk kepentingan Polandia.

         Neraca perdagangan Indonesia-Polandia cenderung mengalami peningkatan juga wisatawan Polandia yang berlibur ke Indonesia  pada tahun 2011 terdapat  11.000  wisatawan ber mengalami kenaikan  pada tahun 2012 menjadi 13.500 orang.

         Sedangkan pada tahun 2013 meningkat lagi menjadi 15.500 orang.  Diperkirakan jumlah wisatawan Polandia  berkunjung ke Indonesia pada tahun 2014 berjumlah 16.000 orang.   ***2*** (ZG)

(T.H-ZG/C/S. Muryono/S. Muryono) 04-03-2015 21:50:17

Tidak ada komentar: