Kamis, 27 September 2018

IRLANDIA


RI-IRLANDIA SEPAKAT KEMBANGKAN KERJA SAMA BILATERAL
London, 20/9 (Antara) - Duta Besar RI untuk Inggris Raya, Irlandia dan Organisasi Maritim Internasional Dr. Rizal Sukma mengatakan Indonesia dan Irlandia sepakat memanfaatkan berbagai peluang kerja sama kedua negara ke tingkat yang lebih tinggi.

Pandangan itu disampaikan Dubes Rizal Sukma pada penyelenggaraan resepsi diplomatik KBRI London yang diadakan di Dublin, Irlandia, dalam rangka HUT ke-73 Republik Indonesia sekaligus memperingati HUT Tentara Nasional Indonesia.

Sekretaris Kedua Fungsi Pensosbud KBRI London, Okky Diane Palma kepada Antara London, Kamis, mengatakan hadir sebagai tamu kehormatan dalam acara resepsi diplomatik adalah Brendan Rogers, Wakil Sekretaris Jenderal Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Irlandia.

Selain pejabat Pemerintah Irlandia, resepsi juga dihadiri kalangan diplomatik, pengusaha, media dan perwakilan masayarakat Indonesia di Irlandia.

Dalam sambutannya, Dubes Rizal Sukma mengatakan, membangun kesadaran tentang Indonesia pada publik Irlandia memang membutuhkan waktu.

Oleh karena itu, ia sadar sebagai duta besar, perannya sangat penting untuk mempromosikan Indonesia di Irlandia, terlebih Indonesia tidak hanya sekedar Bali.

"Sejak diberlakukannya kebijakan bebas visa, terlihat jumlah wisatawan Irlandia ke Indonesia meningkat," ujarnya.

Kerja sama Indonesia dan Irlandia di bidang pendidikan juga merupakan salah satu hal yang penting. Meski jumlah mahasiswa Indonesia di Irlandia belum terlalu banyak, namun pertumbuhan minat pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan ke Irlandia meningkat.

"Penandatanganan kerja sama pendidikan Indonesia dan Irlandia baru-baru ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah pelajar Indonesia ke Irlandia," ujarnya.

Beberapa bidang pendidikan yang diminati di Irlandia di antaranya teknologi pangan, teknologi informatika, kedokteran, keuangan dan telekomunikasi.

Dalam acara resepsi diplomatik yang dimeriahkan kelompok Gamelan Orchestra dari National Concert Hall Dublin pimpinan Dr. Peter Moran, menunjukkan betapa Indonesia dan Irlandia telah memiliki landasan "people-to-people contact" yang kuat.

"Mereka baru saja kembali dari Indonesia, berpartisipasi dalam Festival Gamelan Internasional di Indonesia," kata Dubes RI.

Sejak dimainkannya musik gamelan di tahun 2012, sekarang terdapat sekitar tujuh kelompok gamelan yang tersebar di beberapa kota besar Irlandia seperti di Cork, Dublin dan Galway.

Di bidang multilateral, Dubes Rizal Sukma menjelaskan, Indonesia dan Irlandia sama-sama memiliki perhatian yang tinggi dalam memelihara perdamaian dan keamanan global.

"Saat ini pasukan perdamaian Indonesia dan Irlandia bekerja berdampingan di Lebanon," ujarnya.

Dubes menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Irlandia atas dukungannya terhadap pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa 2019-2020.

"Indonesia juga siap mendukung pencalonan Irlandia di DK PBB periode 2020-2021," ujarnya.

Menanggapi Dubes RI, Wakil Sekjen Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Irlandia Brendan Rogers menyatakan senang dengan perkembangan kerja sama kedua negara. Apalagi sejak berdirinya Kedutaan Besar Irlandia di Jakarta lima tahun yang lalu, berbagai peluang kerja sama bilateral dengan Indonesia semakin terbuka.

Menurutnya, setelah Menteri Pendidikan, Menteri Pertanian Irlandia akan berkunjung ke Indonesia dalam waktu dekat.

Tahun depan merupakan perayaan 35 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Irlandia. Hubungan antarmasyarakat dan pendidikan tetap menjadi modalitas kerja sama bilateral Indonesia-Irlandia.

Namun demikian, kerja sama ekonomi juga dinilai cukup menjanjikan meskipun kedua negara sama-sama merupakan mitra dagang baru.

Sejak tahun 2013 nilai total perdagangan kedua negara mengalami tren meningkat. Hubungan ekonomi yang komplementer dan berjalannya negosiasi Indonesia-EU CEPA diharapkan dapat mendorong sektor bisnis kedua negara untuk memanfaatkan banyaknya peluang yang ada di masa datang. (ZG)***2****
(T.H-ZG/B/E.K. Sinoel/E.K. Sinoel) 20-09-2018 14:18:00



Sent from Yahoo Mail for iPhone

Tidak ada komentar: