Kamis, 06 September 2018

NORWEGIA

DUBES AJAK INVESTOR NORWEGIA BANTU OLAH SAMPAH
Zeynita Gibbons

London, 31/8 (Antara) - Dubes RI Oslo, Todung Mulya Lubis, mengajak pebisnis Norwegia, khususnya investor potensial, untuk menjalin kerja sama dengan Pemerintah RI (pusat dan daerah) dan kalangan usaha terkait di Indonesia dalam pengelolaan sampah/limbah secara berkelanjutan (sustainable waste management), serta pengembangan proyek-proyek waste to energy yang akan memberikan kemaslahatan bagi semua pihak.

Hal itu disampaikan Dubes Todung Mulya Lubis, pada saat memberikan pembekalan informasi mengenai potensi "Blue and Green Economy" Indonesia bagi Pebisnis Norwegia yang melakukan business-trip ke Indonesia, bertempat di Hoyres Hus Oslo, Kamis. (30/8).

Sekretaris Pertama Fungsi Ekonomi IKBRI Oslo, R. Wisnu Lombar Dwinanto kepada Antara London, Jumat menyebutkan bahwa paparan Dubes meng-highlight pengembangan "Blue and GreenEconomy" dalam rangka memenuhi undangan Innovation Norway, di Høyres Hus Oslo, Oslo.

Menurut Dubes, Blue and GreenEconomy dapat menjadi salah satu sektor andalan perekonomian Indonesia di masa depan, serta kekayaan sumber-sumber energi terbarukan yang sangat berlimpah di Indonesia, seperti tenaga angin (wind power), tenaga air (hydro power), tenaga surya (solar power), panas bumi (geothermal), arus laut (tidal wave), biomassa, dan sampah/limbah.

Khusus terkait sampah/limbah, termasuk sampah laut (marine debris), Dubes menguraikan berbagai kebijakan dan upaya Pemerintah RI bersama seluruh pihak terkait dan masyarakat luas, dalam mengelola sampah/limbah demi menjaga kelestarian lingkungan, sekaligus penciptaan added-value melalui pemanfaatan sampah/limbah menjadi energi (waste to energy).

Dubes menjelaskan berbagai skema kerja sama internasional (global/trilateral/bilateral) yang diinisiasi Indonesia guna meningkatkan public awareness demi mewujudkan pengelolaan sampah/limbah yang lebih baik.

Dubes juga mengajak Pebisnis Norwegia, khususnya Investor Potensial, untuk menjalin kerja sama dengan Pemerintah RI (pusat dan daerah) dan kalangan usaha terkait di Indonesia dalam pengelolaan sampah/limbah secara berkelanjutan (sustainable waste management), serta pengembangan proyek-proyek waste to energy yang akan memberikan kemaslahatan bagi semua pihak.***2***

(T.H-ZG/B/Yuniardi/Yuniardi) 31-08-2018 14:24:30




Sent from Yahoo Mail for iPhone

Tidak ada komentar: