Minggu, 16 September 2018

MOSKOW

PELAJAR DKI JAKARTA JUARA OLIMPIADE DI MOSKOW  
Zeynita Gibbons
London, 10/9 (Antara) - Tim pelajar DKI Jakarta yang berjumlah delapan orang berhasil meraih Silver Trophy sebagai Juara II dalam Kompetisi Tim pada Olimpiade Internasional ke-3 Metropolises, berlangsung di Moskow, 2-7 September lalu . 
Selain Jakarta, terdapat tujuh kota lainnya yang sama-sama menempati juara kedua, yaitu Belgrade, Sofia, Minsk, Istanbul, Budapest, Yerevan dan Zagreb, demikian Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana kepada Antara London, Minggu.

Peringkat pertama diraih tuan rumah Moskow bersama Shanghai, Saint Petersburg dan Hong Kong. Sedangkan Leipzig, Baku, Dushanbe, Innsbruck, Milan, Astana, Almaty, Bratislava, Bishkek dan Banja-Luka sama-sama berbagi tempat ketiga.

Enjay Diana mengatakan Olimpiade diikuti peserta dari 33 kota besar dari 25 negara di Eropa, Asia, Afrika dan Amerika. Jakarta merupakan satu-satunya peserta dari Asia Tenggara. Bidang yang diperlombakan adalah pelajaran Matematika, Fisika, Kimia dan Komputer untuk kategori kelompok dan individu, serta blitz-contest. Tiap bidang pelajaran diikuti dua peserta dari tiap kota.

Pada kategori individu, Tim DKI Jakarta menyabet tujuh medali, terdiri dari tiga perak dan empat perunggu. Untuk medali perak, dua medali dipersembahkan dari Kimia dan satu dari Fisika. Sedangkan untuk medali perunggu, dua medali diperoleh dari Komputer dan dua medali lainnya masing-masing dari Matematika dan Fisika. Medali emas dengan nilai tertinggi untuk semua pelajaran yang diperlombakan disabet oleh para peserta dari Moskow.

Sementara itu, untuk blitz-contest, dari 33 tim yang bertanding, Tim DKI Jakarta berhasil menempati urutan keenam, setelah Moskow, Hong Kong, Shanghai, Belgrade dan Sofia.

Shafira Aurelia, salah seorang peserta Tim DKI Jakarta mengatakan soal-soal yang diberikan tergolong sangat sulit dan awalnya sempat berpikir tidak akan mendapat medali. Shafira yang sekolah di SMAN 8 berhasil mendapat medali perunggu untuk pelajaran Fisika yang diikutinya.

"Di sini kami mendapat pengalamam baru, yaitu bertemu peserta dari berbagai negara dan bisa berkenalan. Pengalaman berharga lainnya 
mengetahui budaya Moskow," kata Shafira, satu-satunya peserta wanita Tim DKI Jakarta.

Selain Shafira, peserta Tim DKI Jakarta lainnya Hendrikus Hansen Witarsa/SMAK 3 Penabur (Matematika), Bennett Clement/SMAK 1 Penabur (Matematika), Daffa Fathani Adila/SMAN 8 (Fisika), Muhammad Dzul Fakhri/SMAN 68 (Kimia), Albert Sutiono/SMAK 1 Penabur (Kimia), Moses Mayer/SMA Jakarta Intercultural School (Komputer), dan Reinatt Hansel Wijaya/SMA Kanisius (Komputer). Tim didampingi Suharno dan Sarjito dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta, serta Irma Yuanita, orang tua salah seorang peserta.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Rusia dan Belarus, M. Wahid Supriyadi menyampaikan apresiasi tinggi atas keberhasilan Tim Pelajar DKI Jakarta. Prestasi yang diraih tidak hanya membawa nama baik DKI Jakarta, tapi juga Indonesia. Rusia merupakan salah satu negara yang memiliki keunggulan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk ilmu-ilmu pasti. Terdapat pula peluang Tim Olimpiade ini kemungkinan dapat belajar di Rusia di masa depan," ujar Dubes saat bertemu Tim DKI Jakarta.

Olimpiade Metropolis diadakan setiap tahun oleh Pemerintah Kota Moskow mengundang peserta dari berbagai kota metropolis yang menjadi mitra. Untuk ketigakalinya DKI Jakarta ikut serta pada olimpiade tersebut. DKI Jakarta adalaj sister province dengan Moskow memiliki kerja sama. Pada awal Agustus lalu Wakil Gubernur DKI Jakarta saat itu, Sandiaga Uno, berkunjung ke Moskow dan bertemu dengan mitranya di Pemerintah Kota Moskow.(ZG)***4***

(T.H-ZG/B/I.K. Sutika/I.K. Sutika) 10-09-2018 04:34:45

1 komentar:

Stephenie Brown mengatakan...

HERPES is yn serieuze en weromkommende sykte dy't net kin wurde genêzen fia ynjeksjoneel medisyn troch Amerikaanske dokters, mar de bêste manier om Herpes te behanneljen is troch it nimmen fan natuerlike krûdemedisy derfoar, ik ha lêzen oer DR JAMES, de geweldige herbalistdokter dy't myn fan genêzen hat herpes mei syn krêftige krûdemedisyn. Ik naam kontakt mei him om te witten dat hy my koe helpe en hy fertelde my dat ik myn noait sear soe dwaan, dat hy sil my helpe mei de natuerlike krûden! Nei 2 dagen kontakt mei him, fertelde hy my dat de genêzing ree wie en hy stjoerde it nei my fia DHL COURIER SERVICE en it ûntfong my nei 2 wiken dat ik it drugs brûkte, en hy joech my ynstruksje (MORNING and EVENING) en ik wie genêzen! It is echt as dreamde, mar ik bin sa bliid! foar dyjingen dy't lije oan herpes en oare sykten lykas ovarian sykte, kanker, hypothyreoïdisme, Herpes, COPD, HIV, arthritis, Lyme sykte, Hpv, ynfeksjes, lever sykte, autoimmune sykten, Parkinson sykte, Lupus, nefrology en hypertensie, neurology, obstetrics , gynaecology, en sûnens fan froulju, onkology, pediatrie, pulmonary, AKUTE MYELOFIBROSIS, ALZHEIMER symptomen, BREAST CANCER, DIABETES, HAIR LOSS AND HAIR BEHANDELING, KIDNEY SIEKTEN, LEUKEMIA, TIEMA, MY
moat him kontakt opnimme foar syn kruidemedisyn, ik bin yn libbensbewiis en ik krij herpes-kuren en syn medisyn is legit. Ik stjoerde him wat hy oanfrege en hy stjoerde my syn medisyn dy't ik 3 goede wiken neam en hjoed bin ik hjir mei in negatyf resultaat. Doe't ik foar de test gie, bin ik oerbleaun, syn medikaasje gie net. jo kinne him berikke fia VIA E-post drjamesherbalmix@gmail.com fan whatsapp-nûmer: +2348152855846