Kamis, 27 September 2018

ITALIA

PADUAN SUARA INDONESIA KEMBALI UKIR PRESTASI DI ITALIA  
Oleh Zeynita Gibbons

London,25/9 (Antara)- Paduan Suara Gema Sangkakala Female Choir dari Manado dan Karangturi Choir dari Semarang memperoleh prestasi membanggakan dalam The Rimini International Choral Competition 2018 yang diselenggarakan di Rimini, Italia, akhir pekan lalu.

Pensosbud KBRI Roma, Aisyah Allamanda kepada Antara London, Selasa menyebutkan kedua paduan suara wakil Indonesia tersebut berhasil masuk ke babak Grand Prix bertanding dengan enam tim lainnya dari berbagai negara pada Minggu malam (23/9) waktu Italia.  
Membawakan nomor seperti "Ad Amore", "Duo Seraphim", "Danny Boy" dan "Cikala Le Pong Pong", Gema Sangkakala Female Choir yang dipandu konduktor Roland David Enoch ditetapkan juri sebagai Pemenang Kategori Equal Voices Choir Gold. Selain itu, mereka juga berhasil meraih Gold Diploma untuk nomor Sacred Music.

Sementara itu, Karangturi Choir dengan konduktor Petrus Wahyu juga mencatat prestasi dengan perolehan Gold Diploma kategori Children and Youth Choirs serta Silver Diploma pada nomor Folk, Gospel and Spiritual. Lagu-lagu seperti, "Karaben Sapi", "Gundul-gundul Pacul" dan "Yamko Rambe Yamko" dibawakan dengan menarik lengkap dengan kostum khas yang diadaptasi dari busana daerah nusantara.  
Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani, menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas prestasi kedua Paduan Suara tersebut. "Prestasi dalam berbagai kompetisi internasional seperti ini juga menjadi diplomasi seni budaya yang dapat semakin mempererat interaksi masyarakat setempat dengan Indonesia," demikian Dubes Esti Andayani.

Kompetisi The Rimini International Choral Competition merupakan salah satu ajang paduan suara bergengsi dengan skala internasional yang diselenggarakan setiap tahun. Tahun ini, selain Gema Sangkakala Female Choir dan Karangturi Choir dari Indonesia, peserta juga berasal dari Perancis, Polandia, Romania, Italia, Denmark, Slovenia serta Republik Ceko.***4****

(T.H-ZG/B/F. Supratiwi/B/F. Supratiwi) 25-09-2018 06:08:51




Sent from Yahoo Mail for iPhone

Tidak ada komentar: