Minggu, 16 September 2018

OSLO

KBRI OSLO MANFAATKAN RESEPSI DIPLOMATIK TINGKATKAN KERJA SAMA RI-NORWEGIA
Zeynita Gibbons

London, 7/9 (Antara) - KBRI Oslo memanfaatkan Resepsi Diplomatik peringatan HUT Ke-73 RI untuk meningkatkan kerja sama bilateral RI-Norwegia yang dihadiri pejabat pemerintahan Norwegia, kalangan diplomatik, akademisi, pebisnis, media, diaspora dan "friends of Indonesia" yang berada di wilayah Oslo sekitarnya yang dilaksanakan di Wisma Duta besar RI.

Dubes RI untuk Norwegia, Todung Mulya Lubis, memanfaatkan momen resepsi diplomatik juga dimanfaatkan untuk meningkatkan kerja sama bilateral RI-Norwegia, demikian Sekretaris Ketiga Fungsi Pensosbud KBRI Oslo, Nina Evayanti kepada Antara London, Jumat.

Dubes Mulya Lubis dalam sambutannya mengatakan Norwegia merupakan mitra penting bagi Indonesia, baik dalam kerangka kerja sama bilateral maupun multilateral. Saat ini hubungan Indonesia dan Norwegia terjalin dengan sangat baik di bidang, politik, ekonomi, sosial budaya, maupun lingkungan hidup.

"Saya pikir akan sangat baik jika kedua negara dapat semakin meningkatkan kerja sama dan mengidentifikasi peluang lainnya yang dapat dikembangkan oleh kedua negara," ujarnya.

Dubes Mulya Lubis mendorong peningkatan hubungan kerja sama di bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata antara Indonesia dengan Norwegia.

Dubes Mulya Lubis juga mengundang para pebisnis Norwegia untuk berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia yang akan dilaksanakan Oktober 2018 di BSD, Banten.

Dalam resepsi diplomatik tersebut, Dubes Mulya Lubis menyampaikan bahwa hubungan baik Indonesia-Norwegia juga tercermin dalam berbagai kerja sama multilateral terkait lingkungan hidup. Indonesia berkomitmen penuh melawan penangkapan ikan secara ilegal dan mengurangi limbah plastik.

Selain itu, Presiden Jokowi telah menyetujui usulan PM Erna Solberg untuk bergabung dalam "High Level Panel on Building Sustainable Ocean Economy", sebagai salah satu komitmen Indonesia untuk mencapai "Sustainable Development Goals 2030", ujarnya.

Dubes Mulya Lubis juga menyampaikan komitmen Indonesia untuk mendukung multilateralisme, terutama mengingat Indonesia kini telah menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020.

Dengan keanggotaan tersebut Indonesia terus mendorong seluruh negara di dunia untuk menciptakan perdamaian dan kesejahteraan dunia.

Resepsi diplomatik juga dimeriahkan dengan penampilan tarian Bajidor Kahot oleh kelompok tari Anak Indonesia. Selain menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu nasional Norwegia, Ja, Vie Elsker Dette Landet, para tamu yang hadir juga semakin terpesona dengan penampilan Murni Subakti, penyanyi jazz Indonesia yang menampilkan lagu-lagu nasional Indonesia.

***2*** (ZG)
(T.H-ZG/B/C. Hamdani/C. Hamdani) 07-09-2018 15:04:09

Tidak ada komentar: