Minggu, 16 September 2018

SILAT


KANG CECEP "THE RAID" TAMPIL MEMUKAU LONDON
Zeynita Gibbons


London 9/9 (Antara) - Pakar silat Indonesia Cecep Arif Rahman, tidak saja melang melintang di dunia persilatan tetapi juga merambah ke dunia film dengan membintangi film "The Raid" sebagai aktor "The Assassin" dan di film "Star Wars The Force Awakens" berperan sebagai Anggota Kanjiklub Gang tampil memukau dalam acara pembukaan Indonesian Weekend yang diadakan di Potters Fields Park, taman dengan latar belakang ikonik Tower Bridge, London berlangsung selama dua hari Sabtu dan Minggu ( 8/9),
Kang Cecep, demikian Cecep Arif Rahman,biasa disapa itu tidak tampil sendiri tetapi didampingi murid nya dari perguruan pencak silat Panglipur dari Jawa Barat Dian Nurdini dan Trisna Irawan berhasil menarik perhatian dalam demo pencak silat menampilkan campuran dari berbagai jurus.

"Saya bangga bisa ikut menampilkan seni belah diri tradisional Indonesia pencak silat di Inggris," ujar Dian Nurdini dari Panglipur Padepokan Kasundan kepada Antara London usai menampilkan seni pencak silat, Sabtu.

Menurut Cecep, pencak silat Panglipur berkembang tidak hanya di Jawa Barat namun juga hingga ke luar negeri seperti Belanda, Perancis, Jepang, beberapa negara lainnya juga di Amerika Serikat dan Inggris.Tidak heran pencak silat dapat diterima dikalangan masyarakat Inggris.

Selain perguruan pencak silat Panglipur juga tampil kelompok 
Perguruan Seni Beladiri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah yang biasa disebut Tapak Suci, aliran, perguruan, dan organisasi pencak silat yang merupakan anggota Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), ujar Azzimam Aulia Arrahman dari Bandung Jabar.

Pada penampilan Pencak Silat Tapak Suci dalam acara Indonesian Weekend yang digelar untuk ketiga kalinya itu dibawakan Azzimam Aulia bersama rekan nya Muhammad Rezha Akbar Imadulhaq Ramly dari Palu Sulteng dan SopianDrizal asal Riau Sumatra Selatan menunjukan kemahiran mereka dalam bersilat.

Menurut Azzimam Aulia, Tapak Suci yang termasuk dalam 10 Perguruan Historis IPSI, yaitu perguruan yang menunjang tumbuh dan berkembangnya IPSI sebagai organisasi berasas Islam, bersumber pada Al Qur'an dan As-Sunnah, berjiwa persaudaraan, berada di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah sebagai organisasi otonom yang ke-11.

Dikatakannya sebagai anggota Tapak Suci yang berdiri pada tanggal 10 Rabiul Awal 1383 H, atau bertepatan dengan tanggal 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta. Tapak Suci memiliki motto "Dengan Iman dan Akhlak saya menjadi kuat, tanpa Iman dan Akhlak saya menjadi lemah".

Indonesia Weekend diadakan Komunitas Bangga Indonesia pimpinan Dito Nurdanto Widjono didukung Kementerian Pariwisata serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kedutaan Besar Indonesia di London serta Provinsi Jawa Barat, untuk ketiga kalinya merupakan promosi terpadu terbesar di Inggris.

Bertemakan kehangatan pantai Bali, sebanyak 50 ton pasir putih didatangkan dari Isle of wight lengkap dengan alang-alang yang dibawah dari Indonesia dilengkapi bar minuman tropis serta penampilan Ayoub Zyckra Dance Music Performance, pimpinan Asra Sykra Ayoub, dengan membawakan kesenian berupa tarian yang dibawakan Rita dan Melly serta kostum karnaval.

Peragaan busana Batik tulis Indonesia dari Identix karya disainer asal Semarang Irma Susanti diperagakan pragawati profesional asal Inggris tampil menarik perhatian pengunjung dengan disain busana yang mendapat sentuhan Batik . Selain itu juga dimeriahkan dengan praktek tatto atau mengambar tangan dari Kent Tattoo dari Bandung diminati kaum perempuan yang minta digambarkan tatto serta promosi kuliner Indonesia berupa sate Windsor yang populer serta Bakso Bola-bola, Rendang dan demo masak yang dibawakan Chef Dagen yang berhasil menarik perhatian tidak saja warga Inggris tetapi juga turis yang banyak mengunjungi ikon kota London. (ZG)****4****

(T.H-ZG/B/I. Nurcahyani/B/I. Nurcahyani) 09-09-2018 12:37:58

Tidak ada komentar: