Selasa, 14 Desember 2010

Dubai DP World

Dubai DP World Tertarik Jalin Kerja Sama Dengan Pelabuhan Riau

Selasa, 14 Desember 2010 05:49 WIB | Ekonomi & Bisnis | Bisnis | Dibaca 516 kali
London (ANTARA News) - Senior Vice President DP World , Suhail A. Al Banna tertarik untuk menjalin kerjasama dengan Pelabuhan Riau dan pelabuhan-lainnya di Indonesia.

Hal itu disampaikan Suhail A Al Banna kepada Konjen RI Mansyur Pangeran di kantor Pusat DP World di Kawasan Jabal Ali Free Zone-Dubai, ujar Sekretaris Pertama PF Pensosbud KJRI Dubai, Yana Rudiyana dalam keterangan persnya yang diterima Antara London, Selasa.

Kehadiran Konjen RI Dubai Mansyur Pangeran bersama Counsellor Ekonomi Dede A. Rifai dan Sekretaris I, Adiguna Wijaya disambut Suhail A. Al Banna.

Dalam pembicaraan yang berlangsung akrab tersebut Al Banna menjelaskan mengenai DP World yang didukung sekitar 30.000 pegawai menangani 50 pelabuhan laut di berbagai negara tengah menggarap 11 proyek baru dan upaya ekspansi di India, China dan kawasan Timur Tengah.

Dikatakannya DP World menjalin kerjasama dengan otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan berjalan dengan baik serta menguntungkan kedua belah pihak.

Dari sisi produktifitas dan efisiensi kerja Pelabuhan Tanjung Perak, terlihat adanya perubahan yang positif yang selanjutnya memberikan dampak bagi peningkatan kegiatan ekonomi dan perdagangan.

Beberapa hal yang telah dilakukan dalam kerja sama dengan otoritas Pelabuhan Tanjung Perak diantaranya adalah dengan merenovasi infrastruktur sarana dan prasarana pelabuhan dan transportasi yang berimplikasi terhadap sistem bongkar muat kapal menjadi lebih cepat dan efisien, serta dapat menghemat biaya pelabuhan bagi para pebisnis.

DP World menyatakan puas atas kerja sama dengan pihak otoritas Pelabuhan Tanjung Perak.

Kinerja yang ditunjukkan selama ini bagus dan memiliki potensi untuk lebih ditingkatkan lagi.

Menurut Al Banna, saat ini DP World sedang menjajaki kerja sama dengan otoritas Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang.

Konjen RI Mansyur Pangeran menyampaikan penghagaannya dan terima kasih atas kerjasama yang dilakukan DP World dalam pengelolaan terminal Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Diharapkannya kerjasama tersebut dapat lebih ditingkatkan serta mengharapkan agar kerja sama dengan pihak otoritas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dapat segera terwujud.

Dalam kesempatan tersebut Konjen Mansyur menyampaikan peluang kerjasama pengembangan dua pelabuhan baru di Propinsi Riau sebagaimana yang ditawarkan Gubernur Riau Rusli Zainal dalam sebuah bisnis meeting di Dubai baru baru ini.

Konjen Mansyur menjelaskan lokasi pelabuhan ini sangat strategis dalam jalur pelayaran internasional di Selat Malaka.

"Keberadaan Pelabuhan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat yang sangat besar positif bagi peningkatan ekonomi dan perdagangan di kawasan tersebut dan keuntungan bagi pengelola pelabuhan," demikian Konjen Mansyur.

Senior Vice President DP World, Suhail A. Al Banna menyatakan ketertarikan atas penawaran kerjasama pengelolaan pelabuhan di Propinsi Riau dan mengharapkan dapat segera memperoleh proposal proyek pengelolaan pelabuhan di Propinsi Riau tersebut untuk mereka pelajari lebih lanjut. (ZG/K004)

COPYRIGHT © 2010

Tidak ada komentar: