Kamis, 09 Desember 2010

SAFARI BUDAYA

SAFARI BUDAYA SUMUT DI PORTUGIS

London, 9/12 (ANTARA) - KBRI Lisabon bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatra Utara dan lima Lembaga Kebudayaan melaksanakan Safari Budaya Indonesia di berbagai kota dan distrik di Portugal, baru-baru ini.

Lembaga Kesenian Ria Agung Nusantara Sumatra Utara dengan 10 artis dan musisi profesional tampil prima di hadapan publik di berbagai kota mulai dari Lisabon, Barcelos, Ourem dan Beja sejak pertengahan November, ujar Fungsi Penerangan KBRI Lisabon, Perry Pada, dalam keterangan persnya yang diterima Antara London, Kamis.

Dikatakannya, penampilan LK Ria Agung Nusantara mampu mendulang kekaguman masyarakat Portugis tentang kekayaan seni budaya Indonesia, termasuk seni Budaya Sumatra Utara yang baru pertama kali tampil di Portugal.

Di lima kota tersebut, Kelompok Budaya Sumut menghibur masyarakat Portugis dengan berbagai tarian dan lagu rakyat dari Deli, Minang, Tapanuli, Simalungun, dan Aceh.

Selain itu juga ditampilkan berbagai tarian, seperti tari Gandang, tari Payung, Tor-tor, Gondang Hasapi dan lagu-lagu rakyat tanah Batak dan ditutup dengan lagu tradisional Portugis yang mengundang tepuk tangan dan apresiasi tinggi dari para penonton.

Pentas budaya Sumut di dua tempat di pusat kota Lisabon pada berhasil menyedot sebanyak 450 penonton, sedangkan pergelaran di tiga kota lainnya di Barcelos, Ourem dan Beja, juga berjalan sukses dan dihadiri sekitar 460 pengunjung.

Penampilan di Museum Orient, Lisabon, yang merupakan puncak pentas budaya SUMUT di Portugal, berhasil menarik perhatian besar masyarakat Portugis baik dari kalangan pemerintah maupun swasta.

Acara tersebut dihadiri berbagai kalangan pejabat pemerintah, parlemen, duta besar negara sahabat dan asosiasi-asosiasi budaya, jurnalis dan "Friends of Indonesia", serta masyarakat Portugal.

Acara ditutup dengan lagu rakyat Portugis yang mengundang partisipasi seluruh penonton ikut memainkan suling mini yang dibagikan kepada penonton untuk mengiringi lagu rakyat Portugis.

(Tz.ZG)
(T.H-ZG/C/H-KWR/H-KWR) 09-12-2010 22:40:42

Tidak ada komentar: