Rabu, 29 Desember 2010

GENERASI MUDA RUSIA

GENERASI MUDA RUSIA GANDRUNGI INDONESIA

London, 26/12 (ANTARA)- Tidak sedikit generasi muda Rusia mengaku sangat mengandrungi Indonesia, baik mengenai budayanya maupun kondisi dan peluang bisnis yang tersedia.

Sehubungan dengan itu, beberapa kalangan pemuda di Rusia kini tengah berupaya mencari peluang untuk menjalin bisnis dengan pengusaha di Indonesia, kata Sekretaris Ketiga Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana, dalam keterangan persnya yang diterima ANTARA London, Minggu.

Dikatakannya, keakraban hubungan antarkedua negara terlihat dalam acara pertemuan generasi muda Rusia dan Indonesia yang digelar di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskow, Jumat lalu.

Lebih dari 120 generasi muda Rusia berbagai kalangan memenuhi ruang serbaguna KBRI Moskow. Mereka terdiri atas mahasiswa, eksekutif muda, akademisi, aktivis organisasi kepemudaan dan wartawan, serta generasi muda Indonesia yang sebagian besar merupakan mahasiswa di Rusia
Menurut Enjay Diana, pada tahun 2010 hubungan diplomatik antara Indonesia dan Rusia genap berusia 60 tahun. Akan tetapi, lanjut dia, hubungan kedua bangsa sudah terjalin jauh sebelum revolusi Oktober di Rusia tahun 1917.

Hubungan dari generasi ke generasi tidak surut di tengah pasang surutnya hubungan kedua negara. Memasuki abad ke-21, generasi baru yang mengisi hubungan kedua bangsa bermunculan
"Saya sangat senang ikut serta dalam pertemuan seperti ini, sehingga dapat lebih mempererat hubungan antara generasi muda kita," kata Natalia Vladimirovna, koordinator organisasi Youth for Human Rights International.

Sementara itu, Pavel Malyshev, seorang eksekutif muda Rusia menyampaikan, banyak peluang yang dapat diisi oleh generasi muda untuk turut serta dalam mengembangkan hubungan kedua bangsa.

"Indonesia adalah negara yang sangat menarik dan saya menyukainya. Saat ini saya sedang merintis bisnis di Indonesia dan sudah membuka kantor di Jakarta," ujar business development manager dari perusahaan Alpari NZ Limited yang juga lulusan Universitas Indonesia itu.

"Kehangatan" Indonesia terasa sekali di tengah musim dingin di Moskow saat ini. Semoga hubungan kedua bangsa selalu hangat dan mesra
, ungkap Svet Zakharov, selaku wakil generasi terdahulu yang menggeluti Indonesia sejak tahun 1950.

Sementara itu Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Moskow Dian Wirenjurit mengatakan pentingnya terus menjalin hubungan dari generasi ke generasi secara berkesinambungan.

"Selain mempromosikan Indonesia kepada masyarakat Rusia, kegiatan-kegiatan seperti ini untuk lebih mendekatkan hubungan pada tingkat masyarakat atau 'people to people contact'," ujar Dian Wirengjurit.

Pertemuan diisi berbagai acara seperti pertunjukan seni dan budaya Indonesia berupa tari dan lagu daerah, serta lagu-lagu Indonesia dan Rusia kontemporer, dan acara interaksi aktif tentang Indonesia dalam pandangan generasi muda Rusia, menambah hangatnya suasana di tengah musim dingin dan hujan salju yang mengguyur kota Moskow. (ZG)
(T.H-ZG/B/P004/P004) 26-12-2010 06:46:50

Tidak ada komentar: