Rabu, 25 Mei 2011

GBS JADI PEREKAT

GUGUN BLUES SHELTER JADI PEREKAT HUBUNGAN INDONESIA INGGRIS

London, 26/5 (ANTARA) - Dubes RI untuk Inggris dan Republik Irlandia, Yuri Octavia Thamrin menegaskan kelompok musik Gugun Blues Shelter yang personilnya terdiri atas Mohammad Gunawan (Gugun) di vokal, gitar), John Armstrong (Jono) pada bass dan Aditya Wibowo (Bowie) merupakan cerminan eratnya hubungan Indonesia dan Inggris.

Satu dari tiga personil Gugun Blues Shelter yang akan menjadi band pembuka kelompok music Bon Jovi di acara konser in the park di Hyde Park London pada tangga 25 Juni adalah orang Inggris John Armstrong yang akrab disapa dengan Jono..

Dubes Yuri Thamrin kepada koresponden Antara London, Kamis mengatakan bahwa ia ikut bangga dengan terpilihnya Gugun Blues Shelter menjadi band pembuka dalam acara peringatan hari jadi Hard Rock ke-40 yang akan tampil sepanggung dengan Bon Jovi.

"Saya sepakat bahwa Gugun Blues Shelter cerminan dari personifikasikan eratnya hubungan Indonesia-Inggris," ujar bekas juru bicara Kementerian Luar Negeri itu.
Menurut Dubes, dalam perspektif diplomasi budaya, Gugun Blues Shelter sangat positif, selain itu makin dikenalnya mereka di Inggris , tentunya akan baik untuk citra Indonesia karena dua dari tiga personilnya Mohammad Gunawan atau Gugun dan Aditya Wibowo berasal dari Indonesia.

Dubes Yuri Thamrin secara khusus mengundang ketiga personil Gugun Blues Shelter makan siang dan menyampaikan penghargaan kepada mereka sebelum tampil di The Live Room , Palmers Green London, di akhir tur pemanasan mereka sebelum tampil di pangung bersama Bon Jovi dan kelompok music beken lainnya.


Dapat tawaran

Aditya Wibowo yang akrab disapa dengan Bowie mengatakan bahwa sekitar 100 orang menyaksikan penampilan mereka di klub yang belum lama diresmikan yang terletak di daerah Palmers Green London.

"Kami tampil diakhir konser, sebelumnya ada dua kelompok musik Inggris yang tampil bersamaan," ujar Bowie lagi menambahkan bahwa sambutan yang mereka terima sangat luar biasa bahkan hampir semua ikut turun.

"Awalnya mereka meremehkan penampilan kami, tapi setelah kita manggung, mereka pun tersentak, "ujar Bowie sambil menambahkan bahwa Gugun Blues Shelter berhasil "membantai" kedua band lain yang main malam itu.

Menurut Bowie, pas lagu pertama mereka pun terdiam semua dan lagu kedua sampai terakhir semua goyang.

" Bahkan kami mendapat tawaran dari produser di Live Room, Collon yang berasal dari Australia yang baru setahun di Inggris untuk merekam live album 16 track pas nanti kami balik lagi ke London," katanya.

"So its gonna be GBS live in London album," ujar Bowie yang puas dengan hasil dari pertunjukkan mereka di London sebelum kembali ke tanah air, Kamis siang.

Semua orang menyalami mereka bertiga dari sound engineer sampai kru band lainnya dan mereka menyatakan suka dengan band ini , ujar Bowie lagi.

Perjalanan panjang Gugun Blues Shelter untuk go internasional sudah dilakoninya sejak beberapa tahun lalu dan tur mereka di Inggris merupakan yang kali ketiganya.

Terpilihnya Gugun Blues Shelter menjadi band pembuka dalam acara peringatan hari jadi yang ke-40 Hard Rock awalnya dengan iseng mereka mengikuti kompetisi Hard Rock Battle of the Band dan berhasil masuk 40 besar dunia dan menempati regional dua. Untuk lolos ke London, setelah bersaing dengan sembilan band yang berasal dari Buenos Aires, Malaysia, Singapura, dan Mexico .

Dalam tur pemanasan di Inggris, Gugun Blues Shelter sebelumnya tampil di klub ternama di Inggris The Monto Water Rats , King's Cross , London, yang menjadi penampilan debut kelompok musik Inggris Oasis di tahun 1994 dan juga tempat mangung pertama Bob Dylan waktu melakukan lawatan ke Inggris tahun 1962.

Sebelumnya mereka tampil di Manchester dan di Imperial Collage London yang di sponsori oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) London.

Trio Blues ini mengusung aliran musikus kaliber dunia terutama Jimi Hendrix, Stevie Ray Vaughn, Bette Davies dan Led Zeppelin tampil memukau pengunjung klub di Live Room yang membawakan lagu mereka yaitu Turn it on, On the run, Superstitions, Women dan Across the River, Spinning Aroud dan White Dog. ***6***
(ZG)/B/A011)
(T.H-ZG/B/A011/A011) 26-05-2011 07:39:49

Tidak ada komentar: