Jumat, 13 Mei 2011

KARAWITAN DI VATIKAN

PAGELARAN KARAWITAN MEMUKAU DI KONSERVATORIUM VENEZIA VATIKAN

London, 14/5 (ANTARA) Pagelaran kesenian karawitan serta tarian tradisional tertajuk "Musica dal Sud Est Asiatico" memukau publik Italia, yang berlangsung di Konservatorium Musik Benedetto Marcello Venezia, Vatikan.

Sekretaris Tiga Pensosbud KBRI Vatikan Bonifacius R. Wijayanto kepada koresponden Antara London, Sabtu, menyebutkan selain acara yang digelar KBRI Vatikan bekerja sama dengan yayasan Giorgio Cini dan Konservatorium Musik Benedetto Marcello itu juga diadakan workshop.

Penampilan kelompok gamelan Gong Wisnuwara binaan KBRI Vatikan dengan menampilkan komposisi tradisional dan kontemporer, berhasil menarik perhatian pemerhati seni, komposer serta mahasiswa Konservatorium Musik Benedetto Marcello, yang mengambil jurusan alat musik perkusi dan masyarakat setempat.

Dikatakannya selain konser, kegiatan Musica dal Sud Est Asiatico diawali dengan workshop mengenai gamelan selama dua hari diikuti mahasiswa jurusan alat musik perkusi di Konservatorium Musik Benedetto Marcello.

Selanjutnya penampilan bersama peserta workshop dengan kelompok gamelan binaan KBRI Vatikan memainkan satu komposisi dalam konser yang diselenggarakan seusai penyelenggaraan workshop.

Kuasa Usaha RI untuk Takhta Suci Vatikan, Lusy Surjandari menyampaikan apresiasinya bahwa hanya dalam waktu yang relatif singkat, peserta workshop mampu menguasai instrumen gamelan dan memainkannya dengan baik.

Hal tersebut dipandang cukup menggembirakan dan membuka potensi untuk makin memperluas proses pembelajaran kesenian tradisional, khususnya gamelan bagi masyarakat setempat yang selama ini lebih mengenal musik klasik Eropa.

Sementara itu Direktur Konservatorium Musik Benedetto Marcello Profesor Massimo Contiero, menyampaikan apresiasinya dan berharap agar kerja sama baik yang telah terbina dapat dilanjutkan di masa yang akan datang.

Animo penonton sangat positif, di akhir acara beberapa penonton naik ke atas panggung untuk mencoba peralatan gamelan, demikian Bonifacius R. Wijayanto.

(ZG/C/b003/B003).




(T.H-ZG/C/B003/B003) 14-05-2011 05:36:57

Tidak ada komentar: