Sabtu, 14 Mei 2011

GERBANG BRANDENBURGER

DUBES RI TANAM POHON DI GERBANG BRANDENBURGER

London, 14/5 (ANTARA) - Dubes RI di Berlin, Eddy Pratomo mendapat kehormatan melakukan penanaman pohon secara simbolis bersama Menteri Lingkungan Hidup Jerman Dr Norbert Rottgen, pada acara penanaman pohon bersama di Landmark Kota Berlin, Gerbang Brandenburger, Jerman.

Fungsi Penerangan, Sosial, Budaya,KBRI Berlin, Purno Widodo kepada Antara London, Sabtu mengatakan acara penanaman 17 pohon Linden di jalan 17 Juni yang berpautan dengan jalan bersejarah Unter den Linden ini merupakan acara penutup dari serangkaian penanaman 64 pohon linden di jalan tersebut yang dikelola yayasan lingkungan hidup GAIA.

Yayasan ini merupakan yayasan advokasi lingkungan, kualitas hidup, dan budaya di Jerman. KBRI Berlin dalam program tersebut bertindak sebagai salah satu sponsor.

Dubes RI-Berlin Dr Eddy Pratomo dihadapan Menteri Lingkungan Hidup Jerman Dr Norbert Rottgen, beberapa Duta Besar negara sahabat, politisi Jerman, para pelajar serta media massa menyampaikan tekad Indonesia mendukung terbentuknya komitmen global pengurangan emisi sebagaimana dimandatkan dalam Kyoto Protokol
"Perlindungan lingkungan merupakan tanggung jawab global dan sejalan dengan komitmen Indonesia dalam menanggulangi dampak perubahan iklim," ujar Dubes Pratomo yang juga merupakan penasehat senior Indonesia dalam Konferensi PBB untuk Perubahan Iklim UNFCCC.

Dikatakannya acara ini merupakan simbol dan bukti perlindungan lingkungan merupakan upaya dan tanggung jawab bersama masyarakat global yang juga dimandatkan dalam UNFCCC.

Sementara itu Menteri Lingkungan Hidup Jerman Dr Norbert Rottgen mengajakan untuk tidak pernah berhenti menanam pohon. Hal ini secara khusus bermanfaat untuk membuat kualitas hidup menjadi lebih baik serta lebih sehat . Hal inilah yang dapat diwariskan untuk generasi mendatang, ujarnya.

Hal ini, menurut Dubes Pratomo, merupakan bukti konkret Indonesia dalam upaya penyelamatan lingkungan selalu dikedepankan dalam berbagai perundingan perubahan iklim global dalam kerangka UNFCCC.
Perundingan multilateral di UNFCCC, meskipun berlangsung dengan tidak mudah, namun Indonesia tetap optimis proses tersebut akan dapat menjembatani perbedaan negara-negara dalam menyiapkan Pertemuan di Durban.

Acara diakhiri dengan hiburan musik akustik yang menampilkan kelompok music etnik, termasuk D'Mbesi Band, homeband KBRI Berlin mempromosikan budaya Indonesia dengan menyanyikan lagu-lagu daerah serta poco-poco diikuti pengunjung.***6***
(ZG)

(T.H-ZG/C/B013/B013) 14-05-2011 23:52:48

Tidak ada komentar: