Jumat, 06 Mei 2011

PARLEMEN INGGRIS

ANGGOTA PARLEMEN INGGRIS AKUI KEMAJUAN DEMOKRASI INDONESIA

London, 7/5 (ANTARA) - Inggris mengakui keberhasilan Indonesia dalam membangun kehidupan demokrasi dan peningkatan penghormatan terhadap hak asasi manusia, seperti disampaikan anggota Partai Buruh Inggris yang sekaligus juga sebagai Chairman dari All Party Group on Indonesia (APGI), Khalid Mahmood MP.

Sekretaris satu Pensosbud KBRI London Novan Ivanhoe Saleh kepada ANTARA London, Sabtu, pernyataan tersebut disampaikannya pada pertemuan antara Delegasi Anggota Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI dengan anggota Parlemen Inggris yang diadakan di gedung parlemen Inggris, Westminster.

Lebih lanjut Khalid Mahmood MP menyatakan Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk mayoritas Muslim merupakan bukti nyata bahwa Islam dan Demokrasi dapat hidup berdampingan dan tumbuh berkembang secara harmonis.
Selain Khalid Mahmood MP dan John Speller MP keduanya adalah anggota House of Commons (Majelis Rendah) dari Partai Buruh Inggris serta Baroness Cox dan Lord Ahmed dari House of Lords (Majelis Tinggi). Sementara delegasi BURT DPR RI berangggotakan 13 anggota dan dipimpin dr. Indrawati Sukadis.

Pertemuan tersebut merupakan salah satu rangkaian dari kunjungan kerja delegasi BURT DPR RI ke Inggris yang bertujuan untuk peningkatan kinerja dan upaya penguatan kelembagaan DPR RI melalui sharing of best practices sekaligus guna mempererat link antara anggota parlemen Indonesia dengan anggota parlemen Inggris serta meningkatkan kerjasama parliament-to-parliament antara anggota parlemen Indonesia dan parlemen Inggris.

Tujuan kunjungan delegasi BURT DPR RI tersebut mendapatkan sambutan positif dari anggota Parlemen Inggris yang memandang pertemuan antara anggota parlemen Indonesia dan Inggris dapat mendorong kerjasama antara parliament-to-parliament kedua negara.

Anggota Parlemen Inggris menyampaikan harapan mereka agar pertemuan antara anggota parlemen Indonesia dan Inggris dapat terus ditingkatkan agar kerjasama antara parlemen kedua negara dapat semakin erat terjalin.

Dalam pertemuan tersebut dilakukan diskusi dan tukar pendapat antara anggota DPR RI dan Parlemen Inggris terkait beberapa isu penting.Antara lain upaya pemajuan demokrasi di kawasan Asia, peningkatan kerjasama ekonomi, perdagangan dan investasi antara Indonesia-Inggris serta kerukunan antar umat beragama (interfaith dialogue).

Pada pertemuan tersebut disampaikan anggota parlemen Inggris bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki peranan yang semakin penting, baik secara regional maupun internasional. Oleh karena itu Parlemen Inggris juga menyambut baik atas peran aktif Indonesia (regional role Indonesia dalam konteks ASEAN) dalam mengatasi tantangan global saat ini.

Selain itu anggota Parlemen Inggris juga menyampaikan apresiasinya terhadap upaya aktif Indonesia dalam mendorong kehidupan demokrasi dan rekonsiliasi nasional di Myanmar. ***6***
(ZG)
(T.H-ZG/B/B012/B012) 07-05-2011 05:38:04

Tidak ada komentar: