Rabu, 19 Desember 2012

KBRI OSLO


MASYARAKAT NASRANI DI NORWEGIA RAYAKAN NATAL

London, 19/12 (ANTARA) - Cuaca dingin dan salju cukup tebal tidak menyuruti sekitar 200 orang warga Indonesia dan keluarganya serta Friends of Indonesia, yaitu masyarakat setempat yang mempunyai ketertarikan dengan Indonesia, berbondong-bondong mendatangi Wisma Duta RI Oslo untuk merayakan hari Natal bersama di akhir pekan.

Acara yang mengambil tema perayaan Nasional, yaitu "Allah Telah Mengasihi Kita", ini dimulai dengan Kebaktian Natal bagi Umat Kristiani dilanjutkan dengan Perayaan Natal bersama, demikian Pensosbud KBRI Oslo , Dyah Kusumawardani kepada ANTARA London, Rabu.

Pendeta Yosef dari Perancis langsung memimpin acara Kebaktian yang menyampaikan pesan melalui Natal, semangat Kristus dapat hidup dalam setiap pemeluknya sehingga terdapat kedamaian dalam hidup. Diingatkan pula bahwa ketika manusia telah dapat berdamai dengan Allah, maka manusia akan dapat berdamai dengan sesamanya dan konflik dapat dihindari.

Sementera itu Dubes RI Oslo Esti Andayani dalam sambutannya membuka Perayaan Natal menegaskan hal serupa, seraya mengambil inti dari tema perayaan Natal tahun ini, bahwa kiranya semangat Natal dan saling mengasihi dapat hidup dalam semua, tidak hanya dalam keyakinan, namun dalam perilaku dan tindakan keseharian manusia.

`Dengan mengasihi orang lain sebagaimana Tuhan mengasihi semua, dengan bertoleransi dan memikirkan akibat perilaku kita kepada orang lain, dengan menempatkan diri kita di posisi orang lain, kita akan memahami kesulitan yang mereka hadapi," demikian Dubes Esti.

Acara berlangsung sangat meriah, dan untuk pertama kalinya tahun ini, anak-anak Persekutuan Kristiani dengan penuh semangat menampilkan drama Natal Kelahiran Yesus serta membacakan kutipan pesan Natal dalam berbagai bahasa daerah.

Anak-anak, dengan berdandan memakai berbagai pakaian tradisional Indonesia, juga dengan gembira menyerbu Santa Klaus yang membagikan kado-kado kecil untuk mereka.

Sambutan hadirin sangat positif, peringatan Natal juga menjadi ajang silaturahmi sesama warga Indonesia maupun Friends of Indonesia. `Saya senang dapat bertemu dengan banyak masyarakat Indonesia di Oslo, dan ternyata banyak warga baru yang belum saya kenal ," ujar Iwan Hidajat, yang telah menetap lebih dari 40 tahun di Oslo.

Salah satu Friends of Indonesia yang hadir seorang pelukis kenamaan Norwegia Dag Hol, mengungkapkan rasa ketertarikannya dengan diadakannya acara natal bersama, partisipasi dan antusiasme masyarakat terlihat luar biasa, ujarnya. `Saya selalu tertarik untuk hadir di acara KBRI Oslo, karena saya dapat melihat budaya masyarakat Indonesia. Saya sangat tertarik pada kebudayaan, dan ini adalah sesuatu yang berbeda ," ujar Dag.

Kemeriahan acara ini tidak lepas dari peran Persekutuan Kristiani dan masyarakat Indonesia di Oslo dan sekitarnya yang membantu organisasi kebaktian serta menyumbangkan makanan penutup untuk dinikmati bersama, serta Dharma Wanita Persatuan yang telah menyiapkan makanan khas Indonesia .***3***(ZG)
(T.H-ZG/B/M020/M020) 19-12-2012 13:29:24

Tidak ada komentar: