Minggu, 30 Desember 2012

PELAJAR INDONESIA

PELAJAR INDONESIA SEMANGAT MUSIM DINGIN DI RUSIA

          London, 31/12 (ANTARA) - Cuaca ekstrim pada musim dingin di Rusia tidak menggoyahkan semangat pelajar Indonesia yang sedang menuntut ilmu di negeri itu seperti dialami Hani dan Hans, mahasiswa tahun kedua dan ketiga jurusan perminyakan.

         Kedua mahasiswa asal Indonesia itu selama setahun ini harus mendalami Bahasa Rusia di Rostov State University untuk dapat melanjutkan studi di Kota Ufa, yang di musim dingin suhunya mencapai minus 30.

         Sekretaris I Pensosbud KBRI Moskow, Lailal K. Yuniarti kepada ANTARA London, Senin mengatakan Hani dan Hans tidak  sendiri di kota yang berada di bagian Timur Rusia ini,  bersama mereka juga ada empat mahasiswa asal Indonesia yang kuliah di jurusan perminyakan di universitas yang sama.

         Yusuf Premanandi dan Rumario Moses Agustyn mahasiswa tahun kedua dan ketiga serta  Rangga Permana, lulusan ITI Serpong dan Cindy Dianita lulusan teknik kimia UI, mahasiswa program master tahun pertama menjadi satu-satunya mahasiswi Indonesia yang mempelajari jaringan pipa minyak dan gas.

         Menurut mereka, kuliah di Rusia  merupakan kesempatan yang luar biasa. Tidak saja belajar mengenai perminyakan tapi juga kesempatan emas untuk  mengenal negara besar seperti Rusia dengan semua potensinya.

         "Kampus tidak cuma memberi semua fasilitas yang diperlukan untuk mengembangkan kemampuan akademis tapi juga memberikan  kesempatan untuk mengeksplorasi Rusia dari berbagai aspek termasuk seni dan budayanya" kata Hani.

         Hal itu diungkapkan para pelajar Indonesia saat bertemu dengan Duta Besar RI untuk Federasi Rusia Djauhari Oratmangun  yang berkunjung ke ke  Ufa baru baru ini dan mengadakan pertemuan dengan mahasiswa Indonesia.

         Kehadiran Dubes Djauhari Oratmangun menjadi oase penghapus rindu mereka kepada orang tua di tanah air menjelang pergantian tahun 2013. yang menjadi tambahan semangat untuk menghadapi  ujian semester selepas libur tahun baru, pekan mendatang.

         Dubes Djauhari Oratmangun  mengadakan peninjau ke kampus Ufa State Petroleum Technological University dan Baskhir State Medical University dan mengakui universitas-Universitas tersebut memiliki fasilitas yang sangat lengkap bagi mahasiswanya.

         "Mahasiswa disini tidak saja dituntut untuk belajar keras tapi juga diberikan semua fasilitas pendukung yang  memadai.  Laboratorium lengkap, perpustakaan, aula, gedung olahraga, asrama serta kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler yang membuat mahasiswa betah dan tidak merasa stres dengan beban kuliahnya," ujar Dubes Oratmangun.

         Yusuf, Hans dan Moses yang kerap mengisi panggung-panggung musik di kampus dan tempat lain di Ufa, juga sangat menikmati masa-masa kuliahnya di Ufa State Petroleum Technological University.

         "Betah banget, walaupun awalnya berat karena penyesuaian cuaca dan bahasa tapi sekarang kami bangga kuliah disini. Dua tahun terakhir dengan sering menampilkan musik dan nyanyi, Indonesia semakin di kenal di Ufa" ujar Hans.

         "Kami  merasa bangga bisa ikut mempromosikan kebudayaan Indonesia di Ufa, yach selebriti kecil-kecilan deh" timpal Yusuf yang juga atlet lari 100 m di kampusnya.

         Rektor Ufa State Petroleum Technological University, Airat M. Schammazov, dalam pertemuan dengan Dubes Oratmangun  menyampaikan apresiasi terhadap mahasiswa Indonesia. Menurutnya, meskipun aktif di berbagai kegiatan dan organisasi kampus, bahkan kegiatan masyarakat hasil  studi mereka memuaskan.

         "Di kampus kami, diajarkan semua bidang terkait perminyakan mulai pengeboran, produksi, hingga transportasi. Hampir semua lulusan bekerja di perusahaan-perusahaan minyak besar di Rusia dan perusahaan minyak asing. Kampus tidak hanya memberikan teori tapi juga praktek, kami bahkan memiliki pipa pengeboran untuk memberikan gambaran nyata proses di lapangan kepada para mahasiswa" ujar sang rektor.

         Pihak universitas sangat berharap  di tahun-tahun mendatang akan semakin banyak mahasiswa Indonesia belajar di Ufa State Petroleum Technological University.

         Selain enam mahasiswa yang belajar perminyakan, di Ibukota Republik Bashkortostan, Federasi Rusia ini juga terdapat dua mahasiswa kedokteran umum di Baskhir State Medical University, Sarah Edna Fadilah dan Agustian Rushel.  Universitas khusus ilmu kedokteran ini baru merayakan Dies Natalis yang ke-80.

         Dalam pertemuan dengan Dubes RI, Valentin N. Pavlov, Rektor Bashkir State Medical University sangat puas dengan prestasi akademis  dan keaktifan kedua mahasiswa Indonesia di berbagai kegiatan ekstra kurikuler. Selain itu disampaikan harapan agar di tahun mendatang akan lebih banyak lagi mahasiswa Indonesia yang belajar kedokteran di Ufa.

         "Saat ini terdapat enam ribu mahasiswa di universitas kami termasuk mahasiswa-mahasiswa asing dari berbagai negara. Selain  kedokteran umum, mahasiswa juga bisa mengambil spesialisasi penyakit anak,  bedah, farmasi, serta kedokteran gigi," ujar Pavlov.

         Di samping perminyakan dan kedokteran, juga terdapat seorang mahasiswa Indonesia yang mengambil jurusan mesin pesawat di Ufa State Aviation Technological University, yakni Suryadi.

         Seperti mahasiswa Indonesia lain di Rusia yang saat ini berjumlah 130 orang, mahasiswa di Kota Ufa ini berharap di tahun mendatang akan semakin banyak mahasiswa asal Indonesia yang kuliah di Rusia dan berharap Pemerintah Indonesia memberikan perhatian yang sama dengan mahasiswa Indonesia di negara lain, antara lain dengan adanya bantuan beasiswa dari Pemerintah Indonesia.

         "Saat ini di antara sembilan mahasiswa Indonesia di Ufa, baru dua orang yang menerima bantuan beasiswa unggulan dari Kemendikbud RI. Padahal semua sudah mengajukan permohonan dan mengisi aplikasi yang disyaratkan" ujar Surya yang disamping mempelajajari mesin pesawat juga menjadi atlet bulutangkis andalan kampusnya.

         Meskipun begitu, Surya dan teman-temannyan Ufa tidak patah semangat, sambil terus berharap bantuan beasiswa dari pemerintah Indonesia, mereka memanfaatkan beasiswa dan fasilitas dari Pemerintah Rusia yang sudah mereka terima selama ini yakni berupa tuition fee, asrama dan uang saku sekitar  50 dollar AS per bulan untuk kebutuhan sehari-hari.

         Rangga, mahasiswa program master jurusan produksi minyak mengatakan semua keterbatasan mereka jadikan sebagai tantangan dan bukan penghalang untuk terus maju dan belajar.

         "Kalau melihat alumni Rusia yang saat ini sudah bekerja di perusahaan-perusahaan besar di Indonesia, kami yakin semua akan indah pada waktunya" ujar Rangga.

         Optimisme dan keyakinan memang selalu tampak dari mahasiswa-mahasiswa Indonesia di Rusia termasuk di Kota Ufa ini. Musim dingin, bahasa, minimnya beasiswa yang diterima tidak mengurangi semangat dan kemauan keras untuk menyelesaikan kuliah pada waktunya.

    ***1***
(ZG)

(T.H-ZG/B/M019/M019) 31-12-2012 08:37:08

1 komentar:

abdul mengatakan...

bagaimana orang rusia melayan orang berbangsa lain atau kulit warna yang lain.