Sabtu, 08 Desember 2012

MENTERI ARMIDA

MENTERI ARMIDA ALISJAHBANA PIMPIN SIDANG DI LONDON

          London, 8 7/12 (ANTARA) - Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana memimpin pertemuan pengarah (Steering Committee) dari Kemitraan Global untuk Kerjasama Pembangunan yang Efektif atau Global Partnership for Effective Development Cooperation (Global Partnership)  yang berlangsung di London, Inggris.

        Pertemuan ini bertujuan untuk  membuat kerangka diskusi mengenai visi Global Partnership, termasuk keterkaitan dan sinergi dengan kerjasama pembangunan lainnya pasca 2015, demikian Armida Alisjahbana kepada ANTARA London, Jumat.

        Selain memipin pertemuan   Steering Committee dari Kemitraan Global untuk Kerjasama Pembangunan yang Efektif, Armida Alisjahbana juga menghadiri High Level Meeting of Development Assistance Committee OECD yang berlangsung dari tanggal 4 ¿ 5 Desember lalu.

         Ibu Armida Alisjahbana adalah salah satu Co-Chairs Global Partnership memimpin pertemuan Steering Comittee bersama dengan Menteri Keuangan Nigeria, Ms. Ngozi Iweala, dan UK Secretary of State for International Development, Ms. Juntin Greening.

        Menteri Armida, kunjungannya ke Inggris mempunyai dua agenda besar selain menjadi co chairs di pertemuan global partnership ia juga berkunjung ke Kementerian Pertahanan Inggris,  Defence Science and Technology Laboratory (DSTL)  di Wiltshire  serta mengunjungi UK Technology and Investment.

         Dalam pertemuan global partnership  tengah dirumuskan kerjasama pembangunan yang ingin diimplementasikan dan sesuai dengan kepentingan masing masing negara, karena diakuinya selama ini dilakukan untuk kepentingan negara maju sesuai dengan agenda kerjasama pembangunan mereka.

         Dikatakannya selama ini ada negara maju yang memberi bantuan dan juga ada yang hanya menerima bantuan, serta ada negara yang menerima dan juga memberikan bantuan seperti halnya Indonesia.

          "Indonesia termasuk dalam kedua kelompok itu, selain menerima bantuan Indonesia juga memberikan bantuan," ujarnya.

         Dalam pertemuan itu berhasil dihasilkan beberapa kesimpulan diantaranya road map, mengenai apa apa yang perlu dipersiapkan dan diskusikan lagi dalam pertemuan pengarah yang akan diselenggarakan di Bali pada bulan Maret mendatang.

         Dalam pertemuan yang merupakan lanjutan dari pertemuan panel tingkat tinggi (high level panel/HLP) agenda pembangunan pasca MDGs 2015 di London, Inggris, yang dihadiri  Presiden SBY dalam kunjungan kenegaraan di Inggris NOvember lalu. Dalam pertemuan tingkat tinggi yang digelar di Marlborough House, London merupakan yang kedua kalinya, setelah pertemuan pertama di gelar di New York, Amerika Serikat pada 25 September lalu.

         Tiga pimpinan panel yang beranggotakan 24 anggota tersebut yaitu Presiden Yudhoyono, Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf yang dalam pertemuan tersebut dibahas global partnership  dan diharapkan dalam pertemuan mendatang dapat disinergikan. 
   Menteri mengatakan dalam pertemuan yang dihadiri anggota Tim Pengarah (Steering Committee) dari Kemitraan Global untuk Kerjasama Pembangunan yang Efektif atau Global Partnership for Effective Development Cooperation (Global Partnership)  yang berkumpul untuk pertama kalinya di London, Inggris pada tanggal 5-6 Desember .

         Mengenai pertemuan kemitraan global , Menteri Armida mengatakan bahwa pertemuan ini bertujuan untuk  membuat kerangka diskusi mengenai visi Global Partnership, termasuk keterkaitan dan sinergi dengan kerjasama pembangunan lainnya pasca 2015.

         Agenda pertemuan mencakup pembahasan visi dan prioritas Global Partnership, persiapan untuk pertemuan tingkat menteri tahun depan, diskusi mengenai kemajuan dan tantangan dalam implementasi Komitmen Busan dan susunan berikut rencana kerja dari Steering Committee. Global Partnership for Effective Development Cooperation adalah forum yang tidak menduplikasi forum kerjasama bantuan lain atau agenda pembangunan lainnya.

         Pertemuan Steering Committee ini adalah tindak lanjut dari pertemuan Ketua Bersama Global Partnership yang diikuti Armida Alisjahbana bersama  Justine Greening (Menteri Negara Urusan Pembangunan Internasional Inggris), dan Ngozi Okonjo-Iweala (Menteri Keuangan Nigeria) di Tokyo, Jepang tanggal 13 Oktober 2012 lalu.

         Dalam pertemuan kali ini susunan anggota Steering Committee Global Partnership terdiri dari wakil negara penerima bantuan yang terdiri dari Sekretaris Jenderal, Kementerian Ekonomi dan Perencanaan, Chad, Brahim Adoum Bachar, Sekretaris untuk Perencanaan dan Program Kepresidenan, Guatemala, Luis Fernando Carrera Castro,
    Wakil dari negara penerima bantuan lainnya adalah Sekretaris Senior, Kementerian Keuangan, Bangladesh, Iqbal Mahmood, dan  Asisten CEO, Menteri Keuangan, Samoa,  Noumea Simi, serta Direktur Sekretariat Internasional g7+, Kementerian Keuangan, Timor-Leste, Helder da Costa, yang mewakili kelompok g7+ Kelompok negara-negara rapuh dan terimbas konflik). Sementara perwakilan Negara Penerima dan Penyedia Bantuan, Luis Olivera, Direktur Eksekutif, Badan Kerjasama Internasional Peru (APCI), Peru.

         Sedangkan Perwakilan Penyedia Bantuan Internasional terdiri dari Direktur, European Commission, Gustavo Martin Prada,  Direktur Jenderal Kerjasama Pembangunan, Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan, Korea,
    Enna Park, serta Deputy Administrator, US Agency for International Development, Amerika Serikat, Donald Steinberg, seorang perwakilan sektor swasta John Sullivan dari  Center for International Private Enterprise.

   
Dalam sidang tersebut perwakilan dari Lembaga Parlemen  adalah Martin Chungong, Direktur, Division of Programmes, Inter-Parliamentary Union. Masing masing satu Perwakilan Masyarakat Sipil, Mayra Moro-Coco, BetterAid.  Perwakilan Bank Pembangunan Multilateral, Sophie Sirtaine, Direktur, Corporate Reform and Strategy, Operations Policy and Country Services, World Bank.

         Perwakilan UNDP/UNDG diwakili Sigrid Kaag, Assistant Secretary General and Assistant Administrator, Bureau for External Relations and Advocacy, UNDP dan Perwakilan OECD/DAC, Brian Atwood, Chair, Development Assistance Committee, OECD.

        Dalam kunjungan kerja ke Inggris, Menteri Armida yang disertai dengan pejabat eselon satu juga mengadakan pertemuan bilateral dengan Ms. Justin Greening, Secretary of State for International Development membahas rencana pertemuan bilateral tersebut dengan pihak Kedubes Inggris di Jakarta. Menteri juga mengunjungi  Universitas Oxford dan pertemuan bilateral dengan Dirjen AusAID, dan President Canadian International Development Agency. ***1**

(ZG)
(T.H-ZG/B/O001/O001) 08-12-2012 10:37:38

Tidak ada komentar: