Sabtu, 29 Desember 2012

PESAN NATAL



PESAN NATAL RATU INGGRIS GUNAKAN TEKNOLOGI 3D

London 25/12 (ANTARA) - Pesan Natal yang akan disampaikan Ratu Inggris, Elizabeth di London, Selasa pukul 15.00 waktu setempat, untuk pertama kalinya akan disiarkan dengan mengunakan teknologi tiga dimensi (3D).

Ratu berusia 86 tahun itu terus mengikuti perkembangan zaman khususnya di era digital dengan sosial medianya seperti facebook dan youtube.

Perayaan Natal di Inggris memang tidak akan berarti tanpa pidato Ratu Elizabeth, istri Pangeran Philip dan ibu dari Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward.

Setiap Natal, Ratu Elizabeth yang belum lama mengundang Presiden Sosilo Bambang Yudhoyono, selalu memberikan sambutan yang disiarkan melalui stasiun BBC London, usai keluarga Inggris umumnya menyantap hidangan natal berupa ayam kalkun.

Tradisi perayaan Natal digelar di rumah penduduk Inggris, tidak ketinggalan para penguni rumah jompo di Colchester, dengan hidangan berupa irisan ayam kalkum bakar, kentang rebus, dan kol kecil atau disebut "sprouts" yang dituang saus daging atau "gravy", menjadi hidangan utama ditutup dengan Christmas Pudding yang terdiri atas buah plus brendi.

Pesta Natal tidak lengkap bila di meja tidak terdapat "Christmas Crackers", semacam kertas bulat panjang yang berisi aneka pertanyaan lucu, lengkap dengan hadiahnya.

Usai hidangan natal dilanjutkan dengan mendengarkan pidato Ratu ELizabeth.

Kali ini siaran pidato Ratu akan disiarkan dengan bentuk 3D ini lebih banyak ditekankan pada penghargaannya kepada para atlet Olimpiade dan Paraolimpian dimana London berhasil mengelarnya dengan sukses.

Mengenakan gaun tulle sutra halus rancangan Angela Kelly, Ratu Elizabeth mendedikasikan pidatonya, yang selalu dinanti nanti oleh masyarakat Inggris, kepada para atlet olimpiade yang dengan skill, dan dedikasi serta latihan dan kerja sama tim.

Juru Bicara Istana Buckingham seperti dikutip oleh BBC London dalam berita malam mengatakan pidato Ratu Elizabeth akan disiarkan pada Hari Natal itu difokuskan pada pelayanan, penghargaan dan spirit kebersamaan.

Dalam pidatonya, Ratu Elizabeth yang merupakan Gubernur Agung Gereja Inggris menyebutkan London sebagai tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Musim Panas, menyaksikan apa yang dicapai para atlet dan keberanian para atlet Olimpiade dan Paralimpik serta terinspirasi oleh keahlian, dedikasi, pelatihan dan kerja sama tim dari atlet.

"Dalam mengejar tujuan mereka sendiri olahraga, mereka memberi kita semua kesempatan untuk berbagi sesuatu dari kegembiraan dan drama," ujar Ratu Elizabeth yang dalam acara pembukaan Olimpiade juga ikut terlibat.

Ratu Elizabeth yang memerankan dirinya sendiri saat agen Inggris James Bond menjemput Ratu di istana Buckingham dan muncul dengan parasut ke stadion meresmikan pesta olahraga yang juga diikuti oleh atlet dari Indonesia.

Ratu Elizabeth adalah ratu monarki konstitusional dari 16 negara berdaulat beserta dependensinya, serta ketua dari 54 anggota Negara-Negara Persemakmuran tidak dapat hadir dalam misa hari Minggu karena baru pulih dari flu, Istana Buckingham mengatakan diharapkan Ratu akan hadir pada Hari Natal.

Seorang juru bicara Istana Buckingham mengatakan, pidato, yang akan disiarkan secara penuh pada Hari Natal, akan fokus pada "pelayanan, prestasi dan semangat kebersamaan".

Tahun 2012 bagi ratu istri Pangeran Philip yang berusia 91 tahun merupakan tahun penting bagi keluarga kerajaan, dengan perayaan 60 tahun naik tatah, atau Diamond Jubilee pada bulan Juni, yang dirayakan dengan perayaan besar besaran.

Ratu Elizaberth merupakan anggota kerajaan Inggris pertama yang mencapai ulang tahun pernikahan ke-65. Sayangnya pada saat perayaan Diamond Jubilee, Pangeran Philip, 91, terpaksa dibawa ke rumah sakit dengan infeksi kandung kemih.

Selain itu tahun 2012 bagi Ratu Elizabeth juga memberikan kebahagiaan dengan adanya berita yang menyebutkan sang cucu Pangeran William mengumumkan bahwa istrinya Duchess of Cambridge tengah menanti kelahiran buah cinta mereka.

Pesan Natal yang sudah direkan pada tanggal 7 Desember, dan beritanya telah disiarkan menunjukkan Ratu mengadakan pertemuan dengan staf senior dari Sky News yang melakukan rekaman siaran yang selalu ditunggu tunggu masyarakat Inggris. Dalam rekaman tersebut tampak Ratu mengenakan kacamata 3D saat ia melihat hasil dari sebagian dari siaran. Seorang juru bicara Istana Buckingham mengatakan Ratu Elizabeth mengatakan bahwa siaran itu "benar-benar indah".

Pesan Natal ditulis oleh Ratu dan biasanya memiliki kerangka agama yang kuat, mencerminkan isu-isu saat ini dan mengacu pada pengalamannya sendiri selama tahun lalu. Sementara penggunaannya teknologi 3D adalah untuk pertama kalinya sejak 80 tahun setelah George V pertama kali menyiarkan pidato Natal di radio dan memulai tradisi 25 Desember.

Disebutkan dengan mengunakan teknologi 3D secara khusus dilakukan berbeda dari tahun tahun sebelumnnya apalagi tahun 2012 bagi Ratu Elizabeth sangat khusus dengan perayaan Diamond Jubilee, sehingga melakukannya untuk pertama kalinya dalam 3D sepertinya hal yang baik, teknologi-bijaksana, yang dapat dilakukan."
Pesan natal Ratu Elizabeth akan disiarkan melalui televisi dan radio pada pukul 15.00 GMT pada hari Natal juga dapat diundu di situs You Tube dan di Channel Royal juga akan ditampilkan di negara-negara Persemakmuran. ***3*** (T.ZG)
(T.H-ZG/B/K007/K007) 25-12-2012 10:09:23






Tidak ada komentar: