Kamis, 24 April 2014

BELANDA


MENTERI SAMPAIKAN "BALI CONFERENCE" DI DEN HAAG
     Zeynita Gibbons
    London , 23/4 (Antara) - Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sharif Cicip Sutardjo, pada Global Ocean Action Summit (GOAS) for Food Security and Blue Growth di Den Haag tanggal 22--25 April ini, menyampaikan laporan penyelenggaraan Konferensi Regional Asia mengenai Samudera.

         Konferensi Regional Asia mengenai Samudera yang diadakan dalam Asia Conference on Oceans, Food Security and Blue Growth di Bali pada Juni 2013 itu, sebagai persiapan penyelenggaraan GOAS yang sedang berlangsung itu, kata Sekretaris Pertama KBRI Denhaag, Berlianto Situngkir kepada Antara London, Rabu.

         Dikatakan bahwa pertemuan GOAS itu dihadiri perwakilan 101 negara dan sekitar 182 organisasi internasional termasuk 16 badan-badan PBB serta NGOs. Pada kesempatan itu, Indonesia hadir dengan delegasi yang cukup kuat.

         Dalam laporan yang disampaikan pada acara Plenary GOAS, Indonesia antara lain menyebutkan empat aksi konkret (concrete actions) yang diusulkan dalam pertemuan regional di Bali, yaitu pentingnya pendekatan integrative, strong governance, peningkatan akses pasar serta mengurangi ketidakefisienan dalam proses pascapanen dan perdagangan serta tersedianya mekanisme right financing sebagai katalis bagi terciptanya blue growth.

         Dalam statemen-nya, Menteri Kelautan dan Perikanan RI menyampaikan kebijakan Indonesia di bidang kelautan dan perikanan yang didasarkan pada konsep blue economy.

         Hal ini sejalan dengan apa yang telah disampaikan Presiden RI pada Plenary Session of the United Nation Conference on Sustainable Development yang diselenggarakan di Rio de Janeiro bulan Juni 2012 yang menyebutkan Blue Economy is our next frontier, yang akan memungkinan pengoptimalan dan keseimbangan antara pelestarian lingkungan dan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

         Selama pertemuan, Indonesia juga menyelenggarakan side event "Sharing Knowledge: Good Governance - Supporting Food Security and Blue Growth" dan pameran bertema Blue Growth to Support Food Security. ***3***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 23-04-2014 07:54:51

Tidak ada komentar: