Minggu, 27 April 2014

MAROKO


TRADING HOUSE" JABAR DI MAROKO DIBUKA

           London, 28/4 (Antara) -Duta Besar RI untuk Maroko Tosari Widjaja bersama Kepala Badan Promosi Penanaman Modal Provinsi Jawa Barat Dadang Muhammad dan Staf Ahli Gubernur  Djumhana meresmikan pembukaan Kantor Perwakilan Jawa Barat  "Trading House" ditandai pemotongan pita di Casablanca, Ibu kota Perdagangan Maroko, Minggu.

           Dubes menyambut gembira  terbentuknya Trading House  yang dimotori oleh swasta, demikian Fungsi Ekonomi, Minister Consuler KBRI Rabat, Tanti Widyastuti, kepada Antara London, Senin.

           Dikatakannya dalam persaingan global, swasta harus berada di depan dan berani menangkap peluang pasar, sedangkan  pemerintah baik KBRI maupun Pemda Jabar dapat mendorong dengan melakukan perbaikan regulasi serta penurunan pajak yang masih menjadi kendala perdagangan langsung Indonesia-Maroko.   
      Menurut Dubes, Maroko harus dipandang sebagai pintu gerbang masuknya barang Indonesia ke Uni Eropa dan Afrika serta Amerika, sedangkan Indonesia sebagai  pintu gerbang masuknya produk Maroko ke ASEAN.  
      Sementara itu Kepala BKPPMD Jabar dan Staf ahli gubernur menyampaikan pesan Gubernur Jabar  yang mengapresiasi dengan dibukanya "Trading House" sebagai terobosan kemitraan B to B Indonesia/Jabar dan Maroko/Casablanca, guna meningkatkan ekspor kedua negara.

           Jawa Barat yang kaya dengan sumber alam penghasil kopi dan teh, akan membangun pabrik mengolah hasil produk petani, untuk di ekpor ke mancanegara.

          Dalam acara pembukaan tersebut, pengusaha Maroko diwakili Tariq Ahmed dan Hicham Zouhair, serta dari Indonesia  Robby Adransyah Badruddin/KPB Chakra dan Djaja Gama/Koperasi Malabar.

          Pada awalnya "Trading House" fokus untuk memasarkan  kopi dan teh Jawa Barat ke Maroko, namun selanjutnya akan diperluas dengan produk lainnya seperti cokelat, merica, bumbu-bumbu, maupun rotan dan furnitur.

          "Trading House" beralamat Rue des Bunyeres, Angle Boulevard Brahim roudani, No.202, maarif-Casablanca, Maroko. (ZG)
(T.H-ZG/B/E.S. Syafei/E.S. Syafei) 28-04-2014 05:14:43

Tidak ada komentar: