Kamis, 24 April 2014

LONDON


PRODUK GULA KELAPA INDONESIA DIMINATI DI LONDON

          London, 23/4 (Antara) -  Berbagai produk organik Indonesia seperti gula kelapa, kacang mede, tepung gluten free dan minyak goreng kelapa banyak diminati pengunjung stand Indonesia dalam Pameran Natural and Organic Products Europe yang diadakan baru-baru ini di gedung Olympia, London.

         Atase Perdagangan KBRI London, Merry Maryati kepada Antara London, Rabu mengatakan Pameran Natural and Organic Products Europe merupakan pameran tahunan yang menampilkan produk alami dan organik mulai dari makanan dan minuman, bahan supplemen, kosmetik dan produk yang terbuat dari bahan alami lainnya.

         Menurut Merry Maryati, tren terhadap makanan sehat dan alami di London terus meningkat, yaitu makanan yang bebas dari pestisida, zat kimia tambahan seperti pewarna, pengawet, perasa dan lainnya.

         Inggris merupakan salah satu negara di Eropa yang permintaan terhadap produk yang tersertifikasi organik dan fair trade cukup meningkat, sehingga pameran ini mendapat perhatian khusus dari pengusaha/pengunjung yang tercatat lebih dari 9.000 orang selama dua hari pameran.

         Selain pameran juga diadakan seminar dan pertunjukan makanan sehat yang diolah dari bahan organik. Tercatat sebanyak lebih dari 650 peserta yang mengikuti pameran ini. Peserta pameran terdiri dari importir, manufaktur, distributor, wholesaler, retailer dan lainnya dari 45 negara, diantaranya dari Perancis, Italia, Rusia, Amerika, Australia dan Argentina.

         Stand Indonesia cukup banyak mendapatkan perhatian dari pengunjung, dengan produk yang ditampilkan yaitu bahan makanan organik seperti rempah-rempah, teh, kopi organik, minyak goreng dari kelapa, gula kelapa, tepung, kacang mede dan lainnya serta produk kerajinan dari bahan serat alami dan kayu.

         Pameran ini diperuntukan hanya untuk Business to Business saja, cukup banyak manufaktur dan retailer yang ingin menjalin kerja sama dengan pengusaha Indonesia.

         Dikatakannya pengunjung yang hadir terlihat antusias untuk menjalin bisnis dengan peserta Indonesia. Oleh karena itu, peserta dari Indonesia mendapatkan manfaat seperti networking, saling tukar informasi dan dapat berbisnis langsung dengan perusahaan yang bergerak di bidang yang sama.

         Produk makanan yang cukup banyak dipamerkan oleh peserta pameran adalah snacks, minuman air kelapa dan produk coklat. Terlihat tren dari produk kelapa yang cukup banyak ragamnya, mulai dari dijadikan minuman, bahan kecantikan, makanan dan lainnya, sehingga peluang kelapa organik cukup besar untuk pasar Inggris.

         Terdapat produk-produk dari Indonesia yang dipamerkan pengusaha dari negara lain seperti  produk sabun dari Bali,  produk es krim dengan brand `Smooze¿ yang salah satu komposisinya, yaitu kelapa berasal dari Sumatra, Indonesia.    
    Terdapat juga pengusaha setempat yang menjual makanan khas asal Indonesia Tempe Kari  dalam kaleng yang berasal dari Jawa tengah.

         Pameran juga dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk baru yang sedang dan akan dipasarkan pada tahun ini di Inggris. Diharapkan produk dari Indonesia dapat ikut serta dalam acara tersebut.

         Atase Perdagangan KBRI London juga  mempromosikan kegiatan pameran Trade Expo Indonesia pada Oktober di Jakarta.***2

Tidak ada komentar: