Kamis, 24 April 2014

BELARUS


INDONESIA HANGATKAN KOTA BELARUSIA

          London, 13/4 (Antara) - Indonesia turut andil menghangatkan suasana di Minsk, ibukota Belarus dengan  meramaikan Pameran Pariwisata "Othdyk", setelah absen selama dua tahun berturut turut.

         Pameran  diikuti 200 peserta dari berbagai perusahaan travel dari Belarus dan Rusia serta perwakilan dari berbagai  negara antara lain Latvia, Polandia, Bulgaria, Turki, Kuba, Rusia, Lithuania, Slovakia, Jerman, Inggris dan negara - negara Skandinavia, kata Sekretaris I Pensosbud KBRI Moskow, Lailal K. Y  kepada Antara London, Minggu.

         Pameran diresmikan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Belarus Boris Svetlov di gedung BelExpo, Minsk, dihadiri Dubes RI untuk Federasi Rusia dan merangkap Republik Belarus, Djauhari Oratmangun , dikunjungi  sekitar 40.000 pengunjung.

          Dubes Djauhari Oratmangun, di sela sela pembukaan pameran mengakui perekonomian Belarus mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir yang menyebabkan masyarakatnya semakin antusias melakukan kunjungan wisata ke luar negeri, dan wisatawan Belarus ke Indonesia setiap tahunnya terus mengalami peningkatan.  
    Dikatakannya intensitas kerjasama ekonomi antara Indonesia dan Belarus terus meningkat, khususnya dalam kerangka investasi dan perdagangan, terlebih sejak kunjungan Presiden Belarus Alexander Lukashenko ke Jakarta pada bulan Februari 2013.  
    Menurut Dubes, melengkapi kerjasama sektor pariwisata dan kebudayaan diharapkan dapat dilakukan dengan  maksimal, dengan melakukan  mendekatkan kepada  masyarakat Belarus agar secara langsung mengenal Indonesia, baik dari keindahan alam dan budayanya, serta masyarakatnya.

         Untuk itu, KBRI Moskow tidak menyianyiakan kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam acara pameran pariwisata terbesar di Belarus, ujarnya.

         Lailal KY mengatakan banyak pengunjung pameran sangat antusias untuk menanyakan informasi tentang Indonesia, terutama berbagai destinasi favorit, paket tur, dan pengurusan visa yang saat ini hanya bisa dilakukan di Moskow.  
    Tidak sedikit pengunjung yang belum mengetahui keberadaan Indonesia, sehingga keikutsertaan KBRI Moskow dalam kegiatan kali ini sekaligus mengenalkan Indonesia melalui diskusi dan penjelasan display material yang dipajang di anjungan Indonesia.

         Menurut salah satu pengunjung dalam pameran tersebut, Igor Zakharenko mengatakan bahwa dirinya beberapa kali melakukan kunjungan ke Indonesia, khususnya Bali, dan selalu merekomendasikan kepada keluarga, sahabat dan kolega untuk berkunjung ke Indonesia.

         Hal senada juga dikatakan oleh pengunjung lainnya Elena Nikolaeva yang memuji keindahan alam Indonesia serta keramahtamahan penduduknya, yang menurutnya ternyata sangat mirip dengan masyarakat Belarus.

         Namun sejumlah pengunjung juga mengeluhkan tentang penerbangan dari Minsk ke Jakarta yang terbilang cukup mahal serta harus melakukan transit di sejumlah tempat sebelum sampai di Jakarta serta pengurusan visa yang harus dilakukan di Moskow.  
    Untuk itu mereka mengharapkan Indonesia dapat memberikan kemudahan bagi pemegang paspor Belarus untuk mendapatkan visa on arrival atau membuka perwakilan Republik Indonesia di Minsk. Kunjungan wisatawan Belarus ke Indonesia pada tahun 2013 mencapai 1500 orang, meningkat 300 persen dibandingkan tahun 2011.***2***
(ZG) 
(T.H-ZG/B/A. Lazuardi/A. Lazuardi) 13-04-2014 22:53:11

Tidak ada komentar: