Kamis, 24 April 2014

DANGDUT


JOHN SHANKLIN JUARAI KONTES DANGDUT DI AMERIKA
     Oleh Zeynita Gibbons

    Philadelphia, 14/4 (Antara) - Penyanyi John Shanklin (27) menjuarai Kontes Musik Dangdut di Amerika 2014 atau "Dangdut in America" yang menampilkan delapan finalis dari 60 peserta.

         "Delapan peserta itu melaju ke grand final lomba dangdut yang digelar sejak Maret lalu pada empat negara bagian di Amerika Serikat, yakni Philadelphia, New York, Washington DC, dan Wilmington," kata ketua panitia penyelenggara Rissa Asnan kepada Antara di Philadelphia,
Senin.

         Empat dewan juri yang terdiri dari Rissa Asnan, penyanyi Ani Hartini, penyanyi soprano Amerika Catherine Short Arce, dan penyanyi R&B Sania, menetapkan penyanyi John Shanklin (27) keluar sebagai juara "Dangdut in America 2014".

         Dalam ajang di Sigma Sound Studio, Philadelphia pada Minggu (13/4) malam itu, John Shanklin melantunkan lagu Zakia, album dari penyanyi Achmad Albar yang dirilis pada tahun 1979.

         "John Shanklin pantas menjadi pemenang dalam kontes musik dangdut Indonesia di Amerika yang digelar untuk kedua kalinya setelah juri menetapkan tiga besar yaitu John yang melantunkan lagu Zakia, penyanyi wanita Tshaka yang menyanyikan lagu Terlena, dan Frederic Kim dengan lagu Aku Bukan Pengemis Cinta," katanya.

         Menurut Rissa Asnan, kontes musik dangdut digelar pada empat kota yaitu New York, Washington DC dan Wilmington itu mendapat dukungan dari "Voice of America" dan TVRI yang menayangkan siaran tunda.

         "Kontes yang dibuka Konsul Jenderal Republik Indonesia di New York, Ghafur Akbar Dharmaputra, itu mengolaborasi dua budaya yang akan memajukan musik dangdut yang mendapat apresiasi budaya Indonesia di luar negeri, khususnya di Amerika," katanya.

         Pemenang pertama mendapat hadiah tiket ke Indonesia dan tampil di televisi Indonesia yang menurut Tuti Purwaningsih dari TVRI Jakarta bahwa acara tersebut baru pertama kali akan disiarkan di TVRI pada akhir April.

         Dalam acara grand final itu, kedelapan peserta melantunkan lagu dangdut, di antaranya lagu Aku Rindu yang dipopulerkan oleh penyanyi Meggy Z yang dilantunkan secara duet oleh dua peserta.

         John Shanklin mengaku sangat senang bisa memenangkan kontes musik dangdut di Amerika, padahal dirinya tidak mengetahui banyak tentang Indonesia tetapi senang belajar.

         Setelah meraih kemenangan pada acara musik dangdut itu, John berkeinginan untuk terjun dalam dunia musik secara profesional dan berkunjung ke berbagai kota di Indonesia.

         Sementara itu, penyanyi R&B Indonesia Sania mengatakan sangat bangga musik dangdut bisa diterima di Amerika dan sebagai juri kontes musik  Dangdut di Amerika.

         "Musik bisa menjembatani musisi Indonesia yang bisa go internasional di Amerika, sebaliknya penyanyi Amerika juga bisa tampil di Indonesia. Luar biasa antusias peserta cukup besar," ujar Sania yang sukses meluncurkan album hit 'Santai' pada tahun 1998 yang telah memproduksi lima album.

         Kontes musik dangdut merupakan hasil kolaborasi antara KJRI New York, KBRI Washington DC, NSR Entertaiment, TVRI dan Voice of America yang pada audisi pertama dilaksanakan di Philadelphia pada 21 Maret yang akan dibuka oleh Konjen RI New York.  
    Sementara itu, Minister Counselor KBRI Washington DC, Heru H Subolo, mengakui pihak KBRI sangat mendukung acara kontes musik dangdut yang digelar oleh NSR Entertainment pimpinan Rissa Asnan.

         "Acara ini merupakan salah satu diplomasi budaya 'people to people contact'," ujarnya. ***3*** (ZG)
(T.H-ZG/B/E.M. Yacub/E.M. Yacub) 14-04-2014

Tidak ada komentar: