Kamis, 24 April 2014

HAMBURG


PEMILU - KJRI HAMBURG: 304 WNI BERIKAN SUARA LANGSUNG

         London, 9/4 (Antara) - London, 9/4 (Antara) - Konsulat Jenderal RI Hamburg, Jerman, mencatat 304 warga negara Indonesia memberikan suaranyanya secara langsung di tempat pemungutan suara (TPS) pemilu legislatif yang bertempat di aula KJRI.

        Menurut Pensosbud KJRI Hamburg dalam keterangannya kepada Antara London, Rabu, WNI yang berdomisili di wilayah kerja KJRI Hamburg, yaitu Bremen, Hamburg, Niedersachsen, dan Schleswig-Holtstein  berduyun-duyun  menggunakan hak pilihnya dalam pelaksanaan pileg di Hamburg yang dilangsungkan pada 5 April.

        Disebutkan bahwa cuaca yang kurang bersahabat karena dingin dan hujan yang mengguyur sepanjang hari tidak mengurangi semangat dan antusiasme para pemilih mendatangi TPS guna memilih wakilnya di dewan.

        Tercatat sebanyak 304 orang yang melakukan pemilihan secara langsung di TPS KJRI Hamburg, sementara surat suara yang dikirimkan melalui pos sebanyak 1926 suara.

        Para pemilih yang datang langsung ke TPS antara lain terdiri dari keluarga besar KJRI Hamburg, tenaga kerja profesional (ekspatriat Indonesia), mahasiswa/pelajar, WNI yang menikah dengan warga negara setempat, serta para pemilih pemula yang baru kali pertama berpartisipasi dalam pemilihan uum.

        Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Hamburg, A. Jibran Shidqie mengatakan, pada Pemilu 2014 jumlah Daftar Pemilih Tetap di wilayah KJRI Hamburg, yaitu sebanyak 2.594 orang.

        "Jumlah itu terdiri dari para pemilih yang berdomisili di Hamburg sebanyak 1.097 orang, Bremen sebanyak 290 orang, dan Niedersachsen sebanyak 1.014 orang. Sementara itu, yang belum teridentifikasi sebanyak 232 orang", ungkapnya.

       Dalam pelaksanaan Pemilu Legislatif 2014 ini, Panitia Pelaksana Pemilihan Luar Negeri Hamburg menyediakan dua unit bilik suara serta melibatkan tujuh orang anggota PPLN, tujuh anggota KPPSLN, dan tiga  saksi masing-masing dua orang dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan satu orang dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

       KJRI Hamburg juga menggelar bazaar kuliner berupa makanan atau jajanan khas Indonesia untuk memeriahkan pelaksanaan pemilu legislatif dan sebagai upaya untuk menarik lebih banyak pemilih guna datang langsung ke TPS.

        Bazar yang diselenggarakan di halaman belakang Gedung Konsulat itu diikuti oleh organisasi masyarakat yaitu Dharma Wanita Persatuan (DWP) KJRI Hamburg, Persekutuan Kristen Indonesia (PERKI) Hamburg, Indonesische Islamishes Centrum (IIC), Kerukunan Kawanua Hamburg, dan Persatuan Wanita Indonesia (PWI) Bremen.

      Sementara itu dalam wawancaranya dengan Radio PPI Göttingen, Konjen RI Hamburg M. Estella Anwar Bey menyampaikan tingginya antusiasme masyarakat Indonesia untuk dapat berpartisipasi dalam pileg, walaupun dalam kondisi hujan yang turun sepanjang hari.

        Dikatakannya pemilih yang datang melakukan pencoblosan di KJRI Hamburg telah melebihi harapan, yakni diatas 300 orang. Meskipun pada awalnya yang mendaftar untuk memilih di TPS hanya 210 orang.

       Konjen RI Hamburg menyatakan rasa puasnya atas kehadiran masyarakat Indonesia pada Pemilu Legislatif 2014 ini. Hal tersebut tidak terlepas dari adanya bazaar kuliner yang mendapat respon positif dari seluruh pengunjung.

       Banyak pemilih dari luar kota yang walaupun telah mengirimkan surat suaranya melalui pos, namun turut hadir dalam memeriahkan bazaar kuliner tersebut.

       "Saya berharap kiranya antusiasme masyarakat Indonesia di Jerman Utara untuk berpartisipasi pada Pemilihan Presiden mendatang akan semakin meningkat dan jumlah pemilih yang datang ke TPS pun lebih banyak" ujar Konjen RI Hamburg.

    (T.H-ZG/B/G.N.C. Aryani/G.N.C. Aryani) 09-04-2014 10:30:29

Tidak ada komentar: