Jumat, 05 September 2014

ITALIA


WNI di Italia Antusias Ikuti Pilpres

London, (Antara Sumbar) - Secara umum warga Indonesia di Italia, Siprus dan Malta, lebih antusias menggunakan hak suara pada pemilu presiden dibandingkan pemilu legislatif sebelumnya.
Pemilu Presiden RI periode 2014-2019 melalui TPS KBRI Roma telah berlangsung pada 6 Juli 2014 dari jam 09.00 -19.00 waktu setempat dengan tertib dan lancar, demikian Pensosbud KBRI Roma, Nindarsari Utomo kepada Antara London, Selasa.
Dikatakannya selain datang langsung ke TPS KBRI Roma, ada juga pemilih yang memberikan suaranya melalui Drop Box pada tanggal 29 Juli 2014 di Kota Milan serta mayoritas pemilih memberikan hak suara mereka melalui Pos.
Daftar Pemilih Tetap (DPT) Italia mencakup warga Indonesia yang memiliki hak suara dan berkedudukan atau sedang berada di Italia, Siprus dan Malta berjumlah 1.222 orang. Selain dari DPT, pemilih juga mencakup warga Indonesia yang sedang bepergian ke Italia dan telah memanfaatkan hak pilihnya di TPS KBRI Roma.
Menurut hasil akhir dari Ketua PPLN KBRI Roma Bambang Trimoyo total warga negara Indonesia yang menggunakan hak suaranya baik secara langsung, melalui drop box dan melalui pos di Italia, Siprus dan Malta adalah 787 suara.
Jumlah suara yang sah untuk pasangan calon nomor urut satu adalah 153 suara (19.44%), dan jumlah suara yang sah untuk pasangan nomor urut dua adalah 582 suara (73,95%). Sementara itu, jumlah suara yang tidak sah adalah 52 suara (6,6%) dengan total prosentase data pemilih di PPLN Roma sebesar 73,48%.
Sementara itu, dari Ceko, pasangan capres dan cawapres nomor dua Jokowi JK berjaya di Ceko dari hasil akhir perhitungan Suara Pemilu Presiden 2014 di Republik Ceko.
Sorak-sorai mewarnai suasana perhitungan suara di TPS Praha 1 yang dilangsungkan di Aula Kedutaan Besar Republik Indonesia di Praha . Kedua pendukung pasangan bertepuk tangan riuh ketika pasangan pilihannya memperoleh suara sah, demikian Sekretaris III dan Penerangan KBRI Praha, Fitriyani Riduan kepada Antara London, Selasa.
Suasana semakin seru saat jumlah suara kedua pasangan saling beriring-iringan. WNI di Ceko aktif mengikuti perkembangan pelaksanaan Pemilu 2014 di tanah air, termasuk rutin menyaksikan debat kedua calon pasangan Presiden dan Wakil Presiden.
Hingga perhitungan selesai, pasangan No. 2 Jokowi-JK menang, dengan perolehan 85 suara, sementara pasangan no. 1 Prabowo-Hatta memperoleh sebanyak 32 suara. Total jumlah pemilih Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tanggal 5 Juli 2014 adalah 117 orang.
Menurut Ketua PPLN Ceko, Riswanti Sigalingging, total partisipasi warga Indonesia yang menggunakan hak suaranya di Ceko yakni sejumlah 117 orang atau sebesar 85,40 % (voters turnout) yang terdiri dari 81 orang yang memilih langsung di TPS dan 36 orang melalui pos. Perhitungan disaksikan oleh sejumlah WNI dan saksi. (*/jno)

Tidak ada komentar: