Rabu, 03 September 2014

NORWEGIA

Meski liburan WNI Norwegia antusias mencoblos

1 bulan lalu | Dibaca 4091 kali
London (ANTARA News) - Meski dalam  masa liburan musim panas, warga Indonesia yang berada di Norwegia antusias menggunakan hak suaranya pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2014 di Gedung KBRI Oslo.

"Antusiasme masyarakat untuk mencoblos pada pemilu Presiden dan wakil Presiden 2014 memang mengalami peningkatan dibandingkan dengan Pemilu Legislatif bulan April lalu," kata Ketua PPLN Oslo, Fathurrahman Yahya kepada Antara London, Minggu.

Hanya saja, Pilpres yang berlangsung pada bulan Juli 2014 ini bersamaan dengan liburan panjang musim panas, sehingga tidak sedikit pemilih potensial di Norwegia yang pindah TPS karena sedang berlibur ke luar negeri, termasuk ke Indonesia, ujarnya.

Menurut Fathurrahman, dari jumlah pemilih 733 orang pada pemilu legislatif April 2014 lalu, partisipasi pemilih di Norwegia mencapai 63,57persen. Pada pilpres dari 729 pemilih, partisipasi mereka diharapkan lebih meningkat lagi mencapai 70 persen seperti target partisipasi pemilih secara nasional yang diharapkan KPU.

Sebelumnya, Duta Besar RI untuk Kerajaan Norwegia dan Republik Islandia, Yuwono A Putranto meminta kepada penyelenggara pemilu, baik PPLN maupun KPPSLN agar setiap pemilih/WNI mendapatkan haknya sesuai mekanisme dan aturan perundang-undangan yang ditetapkan KPU.

"Saya berharap Panitia Pemilihan Umum Luar Negeri dapat bekerja keras penuh tanggung jawab untuk melaksanakan tugas dengan menjunjung tinggi asas pemilu yang jujur, adil, bebas umum dan rahasia," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Surat Suara Luar Negeri (KPPSLN) Oslo, Dyah Wisnu Kusumawardani menjelaskan bahwa sesuai perkiraan, jumlah pemilih yang datang ke TPS Oslo cukup tinggi. Bahkan terdapat mereka yang sedang berlibur di Norwegia datang dan menggunakan hak pilihnya di TPS Oslo.

Dari 183 total pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih di TPS Oslo, 114 orang menggunakan hak suaranya atau sekitar 62,29 persen pada Pemilihan Umum Presiden/Wakil Presiden 2014.

"Yang patut diapresiasi, walaupun Pilpres 2014 bersamaan dengan liburan musim panas, masih banyak masyarakat yang antusias untuk menggunakan hak suaranya," demikian Dyah Wisnu Kusumawardani.

Tidak ada komentar: