Rabu, 03 September 2014

PILPRES EROPA

Antusiasme WNI di Eropa Ikuti Pilpres Tinggi

London (Antara) - Antusiasme Warga Negara Indonesia (WNI) di Eropa seperti Paris, Roma, Madrid, London, dan Brusel untuk menyoblos dalam Pemilu Presiden 2014 tinggi. 
Di antara pemilih terdapat beberapa WNI yang kebetulan berada di negara yang menjadi tujuan wisata sebagai turis menyempatkan diri menggunakan hak suaranya di tempat pemungutan suara (TPS) yang terdapat di Kantor Perwakilan Indonesia di Eropa. 
Pemilihan Umum Presiden 2014 di Eropa digelar lebih awal ketimbang di Tanah Air yang baru akan diadakan 9 Juli, sementara di wilayah Eropa berlangsung pada Sabtu atau Minggu karena pada hari Kerja banyak pegawai yang tidak bisa datang, demikian Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London, Masao Sinulingga kepada Antara London, Selasa. 
Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di berbagai TPS Eropa berlangsung Sabtu dan Minggu waktu setempat berjalan dengan tertib dan lancar seperti diadakan di London, Paris, Madrid dan Brusel 

Duta Besar RI Paris, Rezlan Jenie yang turut hadir memberikan suara di TPS dan mengawasi jalannya pemungutan suara sampai TPS di tutup, menyambut gembira antusiasme masyarakat Indonesia di Paris dan sekitar dalam Pemilu Presiden. 

Secara umum tingkat partisipasi warga dalam Pemilu Presiden dibandingkan pada Pemilu Legislatif meningkat. Hasil total keseluruhan surat suara melalui TPS dan Drop Box akan dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2014. Sementara itu, penghitungan suara melalui Pos akan dihitung tanggal 14 Juli mendatang. 
Sementara itu Pilpres 2014 di TPS KBRI Paris dilakukan pemungutan suara dalam rangka Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 hadir 837 Orang masyarakat Indonesia yang berlangsung Minggu bertempat di KBRI Paris. 
Menurut Ketua PPLN Paris, Ibu Armayanti Chattot, antusiasme masyarakat Indonesia di Paris dan sekitarnya dalam Pilpres 2014 jauh meningkat dibanding Pemilu Legislatif (Pileg) 2014. (ar)

Tidak ada komentar: