Jumat, 13 Oktober 2017

ASEAN

PERINGATAN 50 TAHUN ASEAN DI LONDON
     Zeynita Gibbons

      London, 13/10 (Antara)-  Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri dan memberikan sambutan dalam Resepsi Peringatan 50 tahun ASEAN yang diadakan di Lancaster House, London, Inggris, atas undangan Menteri Negara Urusan Asia dan Pasifik, Mark Field.
           Resepsi Peringatan 50 Tahun ASEAN dibuka dengan sambutan Menteri Negara Urusan Asia dan Pasifik, Mark Field,kata Pensosbud KBRI London Dethi Silvidah Gani kepada Antara London, Jumat. 
    Mark Field memuji sektor bisnis di Inggris yang selama ini telah meningkatkan hubungan ekonomi antara Inggris dengan ASEAN, khususnya juga bantuan dalam memfasilitasi perdagangan dan investasi di kawasan tersebut.
         ASEAN saat ini telah menjadi ekonomi terbesar ke-6 di dunia dengan pertumbuhan di atas lima persen dan diproyeksikan menjadi ekonomi ke-4 terbesar pada tahun 2030.
          Selain kerja sama ekonomi, Inggris memiliki kerja sama pada bidang pertahanan, keamanan dan intelijen, utamanya dengan Malaysia dan Singapura melalui Five Power Defence Agreements (FPDA).
       Inggris memiliki kerja sama yang baik dalam peningkatan nilai demokrasi dan dalam membantu pencapaian Sustainable Development Goals dengan Indonesia. Baru-baru ini Inggris juga terlibat aktif dalam penyelesaian konflik di Myanmar.
            Lebih lanjut, Field menyampaikan keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau Brexit menjadi peluang Inggris untuk melihat peluang baru diluar UE dan dengan ekonomi berkembang, termasuk ASEAN.
   
   Pujian Wapres
       Sementara itu, Wapres menyampaikan penghargaan atas prakarsa Inggris menyelenggarakan resepsi Peringatan 50 Tahun ASEAN di Inggris. Hal ini menegaskan pentingnya ASEAN bagi Inggris. Dalam usianya yang mencapai 50 tahun ini, ASEAN bertumbuh kembang menjadi organisasi regional yang sangat strategis di kawasan.
         ASEAN telah mampu mengubah kawasan Asia Tenggara yang dahulu dikenal sebagai kawasan yang rentan terhadap konflik menjadi kawasan yang relatif damai dan stabil. Perubahan pesat ini juga memberikan dampak yang sangat positif bagi pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Tenggara. 
        Inggris dan ASEAN secara historis  memiliki kerja sama yang baik di sektor perdagangan. Untuk itu, Wapres menyambut baik prakarsa Perdana Menteri Inggris untuk menunjuk utusan khusus perdagangan  untuk ASEAN. Fenomena Brexit dapat digunakan untuk meyakinkan potensi besar yang mungkin dimiliki dari kemitraan yang terbangun antara Indonesia dan Inggris.             
      Saat ini kawasan ASEAN merupakan mitra dagang ketiga terbesar Inggris, Wapres meyakinkan banyak potensi yang dapat digali melalui kemitraan Inggris dengan ASEAN di masa mendatang.
         Wapres  Juusuf Kalla mendorong  ASEAN London Committee mampu melakukan kerja sama yang baik dengan kalangan pemerintah dan UK ASEAN Business Council (UK ABC) untuk memastikan bahwa kemitraan yang telah terjalin baik antara ASEAN dan Inggris dapat terus berlanjut pasca Brexit demi kemanfaatan ASEAN dan Inggris.
            Menteri Luar Negeri Boris Johnson ikut bergabung dalam resepsi yang dihadiri sekitar 350 undangan dari kalangan diplomatik ASEAN, pengusaha dan tokoh-tokoh penting bagi hubungan Inggris dengan negara anggota ASEAN.

         Jagad Gamelan Jawa, kelompok gamelan bimbingan KBRI London,  tampil menyambut undangan memasuki Lancaster House.(***2****


b/a011
(T.H-ZG/B/A.F. Firman/A.F. Firman) 13-10-2017 06:22

Tidak ada komentar: