Jumat, 13 Oktober 2017

BIMASUCI

KRI BIMA SUCI SINGGAH DI MESIR 
     Oleh Zeynita Gibbons

     London, 8/10 (Antara) - KRI Bima Suci bersama Satuan Latihan Kartika Jala Krida 2017 singgah di Pelabuhan Port Said, Mesir, Sabtu (7/10) dalam perjalanan pulang ke Indonesia setelah berlayar tujuh hari dari Pelabuhan Chivitavecchia, Roma, Italia.
         Dengan Parade dan musik dari Genderang Suling Gita Jala Taruna, 93 Taruna Akademi Angkatan Laut Tingkat III memukau masyarakat yang ada di Port Said, demikian dilaporkan wartawan foto Antara Zabur Karuru yang mengikuti perjalanan KRI Bima Suci dari Vigo tempat kapal layar cangih dibuat.
          Dengan disambut oleh  Kolonel Laut (P) Kemas Muhammad Ikhwan Madani dan perwakilan Angkatan Laut Mesir, Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut(P) Widiyatmoko Baruno Aji dan Komandan Latihan Satgas Kartika Jala Krida 2017 Letkol Laut (P) Tonny Sundah melaksanakan pelaporan kepada otoritas pelabuhan di Port Said, Mesir.   
      Atase Pertahanan Republik Indonesia untuk Sudan, Yordania, Lebanon dan Mesir Kolonel Laut (P) Kemas Ikhwan Madani  melakukan  kunjungan ke KRI Bima Suci sekaligus makan siang bersama dengan menu makanan khas Indonesia masakan dari dapur KRI Bima Suci yang cukup cangih.
           Wakil Komandan KRI Bima Suci Mayor laut (P) M Sati Lubis mengatakan selama di Mesir KRI Bima Suciakan melakukan kegiatan antara lain seperti "Open Ship" (kunjungan terbuka kapal unuk warga), pertunjukan genderang Suling Gita Jala Taruna, bertemu dengan Angkatan Laut Mesir, wisata, dan direncanakan juga ada pertandingan persahabatan antara Angkatan Laut Mesir menghadapi ABK dari KRI Bima Suci.
         KRI Bima Suci yang sebelumnya menambatkan sauhnya di Pelabuhan Vigo, Spanyol menempuh perlayaran selama 10 hari dan rencana di Mesir KRI Bima Suci sampai dengan hari Selasa 11 Oktober mendatang.
        KRI Bima Suci merupakan kapal layar latih TNI AL untuk menggantikan  kapal legendaris KRI Dewa Ruci yang sudah beroperasi sejak 1953.
        Kapal layar latih taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) itu diresmikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi  di dermaga Vigo, Spanyol, Selasa (12/9).

    ***2***
(T.H-ZG/B/Santoso/Santoso) 08-10-2017 05:07:07

Tidak ada komentar: