Jumat, 13 Oktober 2017

PAMCASILA

PANCASILA DAPAT DIJADIKAN CONTOH PROSES INTEGRASI BERBANGSA 
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 12/10 (Antara) - Pemerintah Italia mengajak Indonesia berbagi pengalaman melalui Dialog Lintas Keyakinan "Interfaith Dialogue" dan menilai nilai-nilai Pancasila yang mendasari kehidupan berbangsa serta bernegara di Indonesia  dapat dijadikan contoh proses integrasi berbangsa di Italia.
         Hal itu terungkap dalam dialog bertajuk "Pluralism and Integration in Indonesian and Italian Societies: Perspective, Opportunities, Challenges" yang diadakan di Kementerian Luar Negeri Italia, Roma, demikian Counsellor Fungsi Penerangan KBRI Roma, Charles F Hutapea, Kamis.
         Diskusi diikuti lebih dari 50 peserta yang terdiri atas akademisi, pejabat kementerian serta aktivis HAM dan integrasi sosial budaya Italia, juga hadir  Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani dan Duta Besar RI untuk Tahta Suci Vatikan Agus Sriyono.
         Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik (IDP) Kementerian Luar Negeri RI Cecep Herawan menyebutkan Indonesia dan Italia memiliki pemahaman yang sama atas pentingnya mempromosikan dialog lintas keyakinan, utamanya di tengah meningkatnya intensitas isu terorisme, ekstremisme dan radikalisme.
         Pemerintah Indonesia berkomitmen kuat untuk mempromosikan dialog lintas keyakinan dengan mengedepankan pendekatan sosial budaya melalui pemberdayaan para pemangku kepentingan, khususnya pemuka agama, tokoh nasional, akademisi serta generasi muda.
         Sementara itu, Profesor Azyumardi Azra dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,  salah satu pembicara dari Indonesia, mengatakan  kelima sila Pancasila menegaskan "politics of recognition" atau prinsip penerimaan terhadap siapapun yang menjadi bagian bangsa.
         Hal ini diamini Presiden Comunita Religiosa Islamica Italia (COREIS), Imam Yahya Pallavicini yang menyebutkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika sangat relevan dalam proses integrasi masyarakat Italia.
         Selain itu, kebijakan Pemerintah Indonesia yang mengedepankan keterlibatan kaum muda dapat menjadikan proses tersebut berjalan lebih efektif dalam jangka panjangnya.
         Isu integrasi saat ini memang tengah mengemuka di Italia. Dengan angka penerimaan pengungsi dan pencari suaka tertinggi di Uni Eropa, Pemerintah Italia memandang penting adanya proses asimilasi sosial budaya antara kaum migran dengan penduduk setempat.
         Sementara itu, Direktur Indonesian Consortium for Religious Studies Universitas Gajah Mada, Dr Siti Syamsiyatun mengatakan,
keberhasilan harmonisasi masyarakat tersebut sangat ditunjang oleh kearifan beradaptasi dengan nilai-nilai setempat. Dimana bumi dipijak, disitulah langit dijunjung.
         Sejalan dengan hal itu, Azyumardi Azra dalam sesi diskusi mengajak umat muslim sebagai bagian dari masyarakat dapat menyesuaikan diri terhadap nilai-nilai dan aturan hukum setempat.
         Selain tokoh dialog lintas keyakinan, panel diskusi diisi Alberto Quattrucci dari Komunitas Sant'Egidio Italia serta Marta Matscher dari Divisi Kebijakan Penanganan Migran dan Pencari Suaka Kementerian Dalam Negeri Italia.
         Mengawali Dialog Lintas Keyakinan, Cecep Herawan didampingi Dubes Esti Andayani mengadakan pertemuan dengan Direktur Jenderal Isu-isu Global Kementerian Luar Negeri Italia Massimo Gaiani.
         Kedua pihak sepakat menuangkan kerja sama lintas keyakinan RI-Italia dalam kegiatan konkrit, antara lain, melalui pertukaran akademisi, pemuda serta tokoh agama kedua negara disamping intensifikasi kerja sama global lainnya. ***2***

(T.H-ZG/C/S. Muryono/S. Muryono) 12-10-2017 23:32:44


Tidak ada komentar: