Jumat, 13 Oktober 2017

ISTAMBUL

DISAINER INDONESIA UNJUK KREASI DI ISTANBUL
     Zeynita Gibbons

     London, 30/9 (Antara) - Tujuh disainer Indonesia unjuk kreasi di Istanbul yang diawali peragaan busana muslim karya Irna Mutiara dengan merk Irna La Perle mengusung busana malam  dengan dominasi warna hitam dan putih, yang diperagakan peragawati Turki mendapatkan decakan dari ratusan pengunjung warga Turki yang hampir seluruhnya berhijab.
         Perancang busana Irna Mutiara menampilkan karya busana muslimnya bersama enam perancang busana tanah air pada pagelaran  yang diadakan Konsulat Jenderal Indonesia di Istanbul bersama Think Fashion bertajuk 'Indonesia Experience' di Hotel Conrad, Istanbul, Turki, demikian keterangan dari Pensosbud Konjen Istanbul yang diterima
Antara London. Sabtu.
           Pagelaran fesyen busana muslim 'Indonesia Experience' dibagi dalam tiga sesi yaitu sesi Haute Couture atau Adibusana yang diikuti Irna Mutiara dan perancang muda Angia Handmade. Sesi kedua menampilkan busana gaya urban diikuti  perancang busana Sazy Zahra dan Franka Soeria yang mengusung merk Markamarie. Sementara sesi ketiga menampilkan busana muslim gaya unik karya Adhidarma mengusung merk Applecoast Noore, Cynthia Mahendra dengan merk Jawhara Syari dan Lily Mariasari, merk Elmwee.
          Pagelaran busana muslim tujuh perancang busana muslim Indonesia tersebut dan talk show dengan pakar busana muslim Turki berlangsung selama empat. Suguhan karya Sazy Zahra dan Franka Soeria menarik perhatian hadirin ketika peragawati Turki menampilkan busana muslim untuk kaum muda yang berciri khas gaya dinamis tanpa keluar dari pakem busana muslim. Tampilan busana muslim karya Lily Mariasari dengan merk Elmweenya memberikan warna dengan keunikan batik Betawi  menjadi ciri khas dari karya Lily.
          Panelist dalam acara talk show  diantaranya pakar busana muslim dari majalah Harper's Bazar, majalah Aysha dan online shop Modanisa memberikan ulasan mengenai pagelaran busana muslim Indonesia .
          Konjen Indonesia di Istanbul, Herry Sudradjat menyatakan pagelaran busana muslim dan talk show  merupakan jembatan untuk mendorong kolaborasi  antara perancang busana Indonesia dan Turki sehingga perancang Indonesia mempunyai basis di Turki dalam upaya menyangkau busana muslim ke pasar dunia. Menurut  Konjen Herry Sudradjat, Istanbul menjadi tujuan wisata belanja busana muslim bagi pelancong negara di kawasan yang dapat menjadi gerbang bagi pemasaran dan pengenalan produk busana muslim Indonesia ke negara di kawasan.
         Sementara Franka Soeria pakar busana muslim dari Think Fashion mengatakan  acara ini merupakan upaya memperkenalkan kekuatan kreativitas perancang busana muslim Indonesia di panggung dunia, khususnya di Turki,dan memperkuat branding karya Indonesia di khasanah busana muslim dunia. Pagelaran ini merupakan yang kedua setelah pagelaran  pertama di Jakarta di Muslim Fashion Festival Convention Centre April lalu.
          Acara pagelaran busana muslim dan talkshow 'Indonesia Experience' juga  dihadiri Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, dan Dubes Indonesia untuk Turki, Wardana,yang kebetulan menghadiri pertemuan internasional di hotel yang sama. Fahri Hamzah sempat  memberikan karangan bunga kepada  perancang busana dan panelist talk show sebagai apresiasi pada penyelenggaraan  dan mengundang perancang busana Turki untuk  mengadakan pagelaran di Indonesia.

   
***4***
ZG/O001
(T.H-ZG/B/O. Tamindael/O. Tamindael) 30-09-2017 09:25:40

Tidak ada komentar: