Rabu, 25 Oktober 2017

LONDON

KBRI LONDON PERINGATI HARI ANAK INTERNATIONAL
     Oleh Zeynita Gibbons


     London, 15/10 (Antara) - KBRI London bekerjasama dengan Pan Asia Women's Association mengadakan Gala Charity Dinner memperingati "UN International Day of the Girl Child" yang dihadiri sekitar 80 relawan, donatur dan sejumlah friends of PAWA yang diadakan di Auditorium KBRI London.
          "UN International Day of the Girl Child" yang dicanangkan tahun 2012 bertujuan memberikan perhatian khusus kepada kebutuhan dan tantangan kesenjangan gender yang dihadapi anak perempuan di seluruh dunia, demikian Pensosbud KBRI London, Dethi Silvidah Gani kepada Antara London, Minggu.
          Gala Charity Dinner PAWA dalam upaya penggalangan dana untuk program kepedulian bersama pendidikan anak perempuan di wilayah Asia. Di Indonesia, PAWA  memberikan akses pendidikan, kebutuhan pangan dan kesehatan, perlindungan dari diskriminasi dan kekerasan terhadap perempuan serta perkawinan dini dengan dukungan dana pendidikan luar sekolah mencapai sekitar 5.000 Euro bagi 25 anak perempuan berusia 13-18 tahun di wilayah Yogyakarta. 
     PAWA organisasi nirlaba yang didirikan Sung Joo Kim OBE, pengusaha Korea Selatan tahun 2009. Organisasi ini membangun jaringan mendukung pendidikan yang lebih baik bagi anak perempuan di negara-negara kawasan Asia.
          Anggota PAWA terdiri dari relawan yang bekerja menggalang dana dari para donatur melalui berbagai kegiatan dan kampanye "online". Secara umum, PAWA berupaya mendukung berbagai program pemberdayaan perempuan dari akar rumput.
          KBRI London diwakili Ketua Dharma Wanita Persatuan KBRI London menjadi salah satu patron PAWA.
          Dubes RI London, Dr Rizal Sukma menyambut inisiatif  peringatan "UN International Day of the Girl Child" di KBRI London bekerjasama dengan PAWA. Pada tahun kelima peringatan Hari Anak Perempuan internasional ini, Dubes Rizal menekankan arti penting pendidikan anak perempuan di seluruh dunia dan mendukung PAWA menjalankan misi mendidik anak perempuan, mengubah kehidupan dan menghancurkan siklus kehidupan yang buruk. 
     Dalam acara malam gala dinner digelar London Angklung Ensemble pimpinan Maestro Angklung Aan Handoyo dan menghibur undangan dengan penampilan orchestra Angklung membawakan lagu-lagu legendaris  seperti "Yesterday" dan "Obladi-Oblada" karya The Beatles, "Dancing Queen" dari ABBA dan "When I ruled the world" dibawakan Coldplay.
          Jamuan santap malam diiringi lantunan gamelan dibawakan  grup Gamelan Siswa Sukra berkedudukan di Southbank Center.
          Masing-masing meja undangan diberikan nama pulau di Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi dan Papua, untuk menjadi topik pembahasan mengenai hal-hal unik serta keanekaragaman hayati, seni dan budaya yang terdapat di pulau-pulau tersebut.
         Berbagai kudapan disajikan dalam bentuk canapé  bintang lima seperti kue lumpur kremes, otak-otak, udang rujak dan tempeh blue cheese. Santapan utama ala warung padang, dengan rendang dan gulai ikan menjadi idola tamu undangan. ***4***
(T.H-ZG/C/S. Muryono/S. Muryono) 15-10-2017 22:00:23


Tidak ada komentar: