Jumat, 13 Oktober 2017

MEKSIKO

WAKIL MENLU AKUI PERKEMBANGAN KERJA SAMA RI-MEKSIKO
     Oleh Zeynita Gibbons

   London, 12/10 (Antara) - Wakil Menteri Luar Negeri Meksiko Carlos Alberto de Icaza Gonzalez mengakui kerja sama Indonesia- Meksiko terus berkembang di berbagai forum Internasional, seperti Meksiko, Indonesia, Korea, Turki dan Australia (MIKTA) dan G-20.
        Dia kembali menyampaikan undangan Presiden Enrique Peña Nieto kepada Presiden Joko Widodo untuk mengunjungi Meksiko,
   Hal itu disampaikan Dubes Carlos Alberto de Icaza Gonzalez dalam resepsi diplomatik memperingati HUT ke-72 RI yang digelar di KBRI, demikian Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Meksiko, Febby Fahrani, Kamis.
        Resepsi yang diadakan di Wisma Duta ini dihadiri sekitar 300 undangan dari kalangan Kementerian Luar Negeri dan institusi Pemerintah Meksiko, Parlemen Meksiko dan Dubes dan wakil perwakilan asing terakreditasi di Meksiko.
        Konsul Kehormatan RI di Monterrey dan Guadalajara, pengusaha, diaspora dan masyarakat Indonesia di Meksiko serta pers setempat.
        Dubes Carlos Alberto de Icaza Gonzalez didampingi Direktur Jenderal Asia Pasifik Kementerian Luar Negeri Meksiko Dubes Alfonso de María Campos menyampaikan kembali undangan Presiden Enrique Peña Nieto kepada Presiden Joko Widodo untuk mengunjungi Meksiko.
        Undangan kepada Presiden Jokowi yang pertama kali disampaikan secara lisan dalam pertemuan G-20 di Brisbane pada November 2014 dan secara tertulis awal 2015.
        Sementara itu dalam sambutannya yang disampaikan dalam Bahasa Spanyol, Dubes RI untuk Meksiko Serikat menyampaikan kiprah Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia sejak masa kemerdekaan hingga masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.    
   Menurut Dubes, peran aktif Indonesia untuk menjaga perdamaian dunia tercermin dari komitmen dan tindakan Indonesia dalam berbagai forum internasional, termasuk dalam berbagai operasi Pasukan Perdamaian PBB sejak tahun 1957.    
   Peran aktif inilah yang mendorong Indonesia untuk mencalonkan diri sebagai anggota non-permanen Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020.
        Dubes juga menggarisbawahi kerja sama Indonesia dengan Meksiko. Kerja sama bilateral kedua negara terus berkembang sejak 1953. Indonesia merupakan pintu gerbang memasuki pasar Asia Tenggara bagi Meksiko dan Meksiko adalah pintu gerbang Indonesia ke pasar Amerika Latin.
         Resepsi diplomatik Peringatan HUT ke-72 RI di KBRI Meksiko City sekaligus mempromosikan keragaman kuliner khas nusantara seperti sate Padang, bakwan Malang, rendang, rempeyek, kue lumpur, kolak biji salak dan bir pletok.
         Para undangan menikmati hidangan sambil menikmati suguhan budaya berupa  penampilan Tari Panyembrama dan Tari Piring serta alunan musik kecapi dan suling yang dimainkan kelompok pemusik pimpinan Daniel Milan, alumni beasiswa Darmasiwa Indonesia.
         Guadalupe Franco, rekan kerja KBRI dari Pemerintah Kota Tlalmanalco di Estado de Mexico menyampaikan kekaguman atas tampilan musik  memikat serta suguhan makanan.

         Keragaman busana daerah yang dikenakan staf KBRI  memperoleh pujian. Salah satunya rekan kerja KBRI dari institusi diáspora Meksiko, Luisa Medina Mora.  ***2***
(T.H-ZG/C/S. Muryono/S. Muryono) 12-10-2017 23:32:39

Tidak ada komentar: