Jumat, 13 Oktober 2017

NAMUR

NAMUR BELGIA JADI "SISTER CITY" KOTA BANDUNG
     Oleh Zeynita Gibbons

    Namur, Belgia, 10/10 (Antara) - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menandatangani nota kesepahamanan (MoU) Sister City atau kota kembar dengan Wali Kota Namur, Maxime Prevot menyangkut kerja sama bidang pendidikan, ekonomi, budaya dan lingkungan di Namur, Belgia, Senin (9/10).
         Wali Kota Maxime Prevot kepada Antara London, usai penandatangan Mou itu mengatakan, suatu kesempatan besar bagi wilayahnya bisa menjalin kerja sama meskipun jumlah penduduknya hanya 110 ribu jiwa dibandingkan dengan penduduk Kota Bandung yang jutaan jiwa.
         Jadi bukan besar kecilnya suatu kota tapi yang penting isi dari kerja sama itu, ujarnya seraya menambahkan bahwa MoU tersebut akan menjadi jembatan bagi kedua kota untuk menjalin kesepakatan di  berbagai bidang.
         Dikatakannya, Namur ingin menjalin kerja sama dengan Kota Bandung dalam berbagai aspek mulai dari lingkungan, pendidikan, budaya, informasi teknologi dan juga ekonomi dan bisnis.
         Diakuinya Namur memang kota kecil tapi yang penting adalah isi dari kerja sama yang merupakan kesempatan besar bagi kedua kota untuk menjalin kesepakatan-kesepakatan. "Realitanya saat ini ada kecenderungan bahwa negara Barat meliat ke Asia. Untuk itu kami ingin belajar dari Indonesia dan Bandung bisa menjadi tempat yang pas buat kami belajar banyak hal." ujar Maxime Prevot yang berencana ke Bandung tahun mendatang.
         Sementara Ridwan Kamil saat tiba di Bandara Brusel mengatakan kehadirannya di Belgia membawa tiga misi yaitu menandatangani kerja sama sister city antara Bandung dan Namur, peresmian pusat promosi produk UKM dari Bandung yang disebut dengan Little Bandung dan ikut berpartisipasi memeriahkan festival Europalia yang digelar di Belgia.
         "Saya datang ke sini membawa tiga misi yaitu penandatangan sister city, meresmikan pusat promosi produk UKM yang dikenal dengan
Little Bandung Mobile, dan Europalia," ujarnya.
         Mengenai sejarah sister city antara Namur dan Bandung, Riwan Kamil mengatakan bahwa Putri Kerajaan Belgia Astrid Josephine tahun lalu mengadakan kunjungan ke Kota Bandung. Pada saat itu Putri Astrid membawa pengusaha dari Belgia yang menjadi inspirasi bagi Ridwan Kamil untuk membuka Little Bandung di Belgia dan dipilih kota Namur yang berjarak satu jam perjalanan darat dari Brusel yang dapat menjadi pintu masuk produk-produk dari Bandung ke Belgia dan juga Eropa.
         Pada kesempatan itu juga diresmikan Little Bandung Mobile yang memromosikan berbagai produk UKM asal Bandung yang dipamerkan di antaranya aneka perhiasan, batik, sepatu, kerajinan, dan makanan yang digelar di kompleks kantor Wali Kota Namur.
         Sementara itu Miya Panama yang bersuamikan pria Belgia dan menetap di Namur selama 10 tahun mengatakan bahwa ia senang dan bangga dengan adanya kerja sama Sister City antara kota Namur dan Bandung dan juga diresmikannya Little Bandung Mobile di Namur. "Saya bersedia membantu dan ikut dilibatkan terkait berdirinya Little Bandung di Namur," ujar istri Amin Dominique Bodart dan ibu dari Amelie.

         Pada acara pembukaan juga dimeriahkan dengan penampilan seniman asal Bandung yang membawakan rampak kendang yang menarik perhatian masyarakat kota Namur. (ZG) ***3***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 10-10-2017 08:03:1

Tidak ada komentar: