Minggu, 07 Oktober 2018

CEKO


PEMERINTAH CEKO SIAP BANTU KORBAN GEMPA SULAWESI
Zeynita Gibbons


London,6/10 (Antara) - Pemerintah Republik Ceko melalui Wakil Menteri Luar Negerinya, Martin Tlapa, menyampaikan komitmen Ceko untuk memberikan bantuan kepada para korban gempa di Sulawesi yang akan direalisasikan mulai dari tahap tanggap darurat dan bantuan kemanusiaan hingga proses rekonstruksi yang diperlukan di daerah yang terkena dampak gempa bumi dan tsunami.

Pensosbud KBRI Ceko, Dwi Wisnu Budi Prabowo kepada Antara London, Sabtu, mengatakan, komitmen tersebut disampaikan Wakil Menlu, Martin Tlapa, kepada Dubes Aulia Rachman pada saat keduanya bertemu di kantor Kementerian Luar Negeri Ceko, pada 4 Oktober 2018.

Mengawali pertemuan, Martin menyampaikan ucapan belasungkawa mewakili seluruh rakyat Republik Ceko kepada keluarga korban di Sulawesi dan masyarakat Indonesia pada umumnya atas bencana yang terjadi.

Selain bantuan pascabencana, Republik Ceko juga siap menawarkan bantuan kepada Indonesia di bidang pencegahan bencana, dalam bentuk berbagi pengalaman dan teknologi dari sistem penyelamatan terpadu yang telah terbukti untuk mengatasi bencana di Ceko.

Martin menyatakan Kemlu Ceko menerima tawaran dari sejumlah perusahaan pemasok sistem peringatan dini serta perangkat yang digunakan untuk mitigasi bencana alam dan secara aktif mendukung keterlibatan mereka dalam proses rekonstruksi di Indonesia.  
Dia mengatakan, akan mengadakan pertemuan dengan organisasi kemanusiaan Ceko untuk mengoordinir bantuan Ceko untuk para korban di daerah yang terkena bencana.

Sementara itu, Dubes Aulia Rachman menyampaikan rasa terima kasih, atas nama Presiden RI Joko Widodo dan Menlu RI Retno Marsudi, kepada Pemerintah Ceko atas tawaran bantuan berharga dari Republik Ceko.

Bentuk dukungan Ceko dalam kondisi gempa tersebut semakin memperkuat hubungan antarkedua negara.  
Republik Ceko tercatat sebagai salah satu negara yang sangat aktif dan berkontribusi besar pada saat gempa dan tsunami di Aceh pada 2004.

Dalam menyikapi bantuan tersebut, Dubes Aulia juga menyampaikan komitmennya bahwa KBRI Praha akan bekerja sama penuh dalam komunikasi dengan instansi terkait di Indonesia yang bertanggung jawab untuk menerima dan mendistribusikan bantuan asing.)***4***

Alex Sariwating



Sent from Yahoo Mail for iPhone

Tidak ada komentar: