Selasa, 30 Oktober 2018

LONDON


KBRI LONDON TERAPKAN MEKANISME PERMOHONAN PASPOR BIOMETRIK
Oleh Zeynita Gibbons

London,24/10 (Antara) - Kedutaan Besar Republik Indonesia di London berencana menerapkan mekanisme permohonan dan penerbitan paspor biometrik melalui Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian awal tahun 2019.

Minister Counsellor KBRI London Gulfan Afero kepada Antara London, Rabu, menjelaskan pemohon paspor melalui Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) harus merekam data biometrik yang akan terintegrasi di seluruh fungsi keimigrasian KBRI dengan Ditjen Imigrasi di Pusat.

"Mereka harus melewati tahapan wawancara atas data yang disampaikan," kata Menurut Gulfan Afero.

Dengan adanya penerapan paspor SIMKIM di KBRI London, menurut dia, akan terjadi perubahan alur permohonan paspor di KBRI London.

Untuk itu, KBRI London melakukan sosialisasi penerapan paspor SIMKIM di beberapa titik konsentrasi masyarakat Indonesia berdasarkan jumlah terbanyak sesuai dengan database lapor diri.

Sosialisasi penerapan paspor SIMKIM akan diadakan di London, Birmingham, Manchester, Leeds, New Castle, Coventry, Glasgow, Edinburgh, Bristol, Aberdeen, Oxford, Sheffield, Belfast, dan Dublin.

Bagi WNI yang tinggal di kota-kota lainnya, baik di UK maupun Irlandia, dia berharap mereka menghadiri sosialisasi di salah satu kota yang dekat dengan kediaman masing-masing.

Jadwal kegiatan sosialisasi untuk masing-masing kota, lanjut dia, dikoordinasikan dengan PPI serta tokoh-tokoh masyarakat Indonesia setempat.

Sosialisasi penerapan paspor SIMKIM pertama kali akan dilaksanakan di Belfast pada tanggal 28 Oktober 2018.

***2***
(T.H-ZG/B/D. Kliwantoro/D. Kliwantoro) 24-10-2018 17:25:32



Sent from Yahoo Mail for iPhone

Tidak ada komentar: