Minggu, 08 Maret 2009

DIPLOMASI KULINER

DIPLOMASI KULINER RI DI FESTIVAL MAKANAN PRAHA

London, 6/3 (ANTARA) - KBRI Praha menggelar diplomasi kuliner Indonesia bekerjasama dengan Mandarin Oriental Hotel Praha melalui Festival Makanan Indonesia di hotel berbintang lima selama dua minggu yang akan berakhir 15 Maret 2009.

Pada festival makanan ini, juru masak hotel, Ari Munandar, menyediakan aneka makanan khas Indonsia dengan penyajian yang menarik.

KBRI Praha dalam keterangan persnya yang diterima Antara di London, Jumat menyebutkan Festival makanan itu diresmikan dengan mengundang tamu-tamu hotel, wartawan dan pengusaha dengan sajian Gado-Gado, Ayam Pelalah, Tahu Telor dan Gimbal Udang.

General Manager Hotel Mandarin Oriental, Clemen Hoerth yang pernah tinggal di Surabaya mengatakan Festival Makanan Indonesia ini sangat menarik.
Sementara itu, Azis Nurwahyudi yang mewakili Dubes Salim Said pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak hotel dan pengunjung festival.

Festival makanan ini akan semakin mempopulerkan kuliner Indonesia yang lezat dan diharapkan akan semakin bertambah warga Ceko berkunjung ke Indonesia setelah menikmati kelezatan makanannya.

Selama festival berlangsung semua makanan ditampilkan dengan cantik dan menarik, sementara menu utama dipilih Nasi Kuning yang dilengkapi dengan aneka lauk seperti Ikan Acar Kuning, Ayam Kalio, Rendang Daging, Bakmi Goreng, Capcay dan Balado Telur.

Sedangkan makanan "pencuci mulut" disajikan Pisang Goreng, Bubur Sagu, Bubur Injin dan aneka buah tropis.

Ditempat yang sama juga dipamerkan berbagai barang tradisional Indonesia koleksi KBRI Praha seperti Payung Bali, patung, wayang, kain tenun dan batik sampai ke perangkat Gamelan sehingga suasana hotel seperti di Indonesia.

Selain menikmati kelezatan makanan yang disajikan, pengunjung pembukaan festival juga dihibur dengan Tari Merak dan Bajidor Kahot oleh Kristin Arifin dan Thya Malkova. ****2****
(U-ZG/b/b003/B003).


(T.H-ZG/B/B003/B003) 07-03-2009 02:20:09

Tidak ada komentar: