Selasa, 10 Maret 2009

PROMOSI BUDAYA DI KROASIA

PROMOSI BUDAYA DAN WISATA INDONESIA DI KROASIA

London, 10/3 (ANTARA)- Pertunjukan "Sounds and Colours of Indonesia" digelar KBRI Budapest di Youth Theater, kota Split dan di Gedung Budaya kota Omis dalam rangkaian promosi budaya dan wisata Indonesia di Kroasia.

Pertunjukan di kota Split merupakan kerja sama segitiga antara KBRI Budapest dengan Kantor Walikota Split dan Panitia International Sajam Gast Fair, ujar Sekretaris III, Pensosbud KBRI Budapest Shinta Hapsari kepada Antara London, Senin.

Shinta Hapsari menjelaskan pertunjukan yang digelar di kota Omis merupakan kerja sama KBRI Budapest dan Walikota setempat yang didukung Kantor Propinsi Split-Dalmatia.

Paviliun Indonesia di pameran internasional Split didukung dengan kehadiran beberapa perusahaan seperti Indofood yang mendapatkan apresiasi yang tinggi dari masyarakat Kroasia bahkan Presiden Kroasia Stjepan Mesic meninjau dan sempat mencicipi kopi dan mie instant kari ayam yang sedang dipromosikan.

Pertunjukan kesenian Indonesia berupa tari tarian dan musik gondang dari daerah Sumatera Utara dan tarian rakyat dari etnis Minang, Batak dan Melayu menarik perhatian dari warga kedua kota tersebut.

Pertunjukan seni budaya yang ditampilkan Sanggar Seni KBRI Budapest. Tarian yang ditampilkan antara lain Tari Kuala Deli, Tari Manduda, Tor-tor Tandok dari Sumatera Utara, Tari Rantak dan Tari Piring dari Sumatera Barat.

Diakhir pertunjukan , para penari mengajak para penonton untuk menari bersama atau melakukan tarian Manortor yang diiringi secara live dengan musik tradisional Sumatra Utara.
Para penari yang tampil antara lain Martozet sekaligus sebagai pelatih tari KBRI Budapest, Yanti Alimuddin, Iris Kanaan, Yanti Marton dan seorang warga negara Hongaria, Niki Agonac. Sedang pemain musik antara lain Nemeth Gabor dari Hongaria, Riva Arsyad, Jarot Raharjo dan Yudhi Gunawan.

Kedua pertunjukan diawali dengan ceramah Duta Besar Mangasi Sihombing mengenai potensi Indonesia baik untuk kegiatan perdagangan, investasi maupun wisata dengan semua kekayaan yang dimiliki.

Pimpinan Youth Theater di kota Split maupun Walikota Omis menyatakan terima kasih dan penghargaan atas pertunjukan yang menawan para pengunjung dan mengharapkan agar kerja sama ini dapat dilanjutkan pada tahun-tahun mendatang.

Begitupun usai pertunjukan, para remaja kota Omis menyatakan rasa terima kasih mereka kepada para penari dan pemain musik dengan memberikan karangan bunga dan cinderamata khas kota Omis kepada setiap artis panggung tersebut. Suatu sambutan yang luar biasa.
Tema sentral promosi budaya dan pariwisata "Visit Indonesia". Kroasia sendiri yang hanya berpenduduk 4,5 juta, tahun lalu berhasil mendapat kunjungan dari 10,2 juta orang. Kota kecil Omis menerima 700.000 pengunjung dengan hasil sekitar 70 juta euro.

Walikota Omis mengusulkan agar KBRI dapat ikut ambil bagian dalam sebuah festival raya di kota Omis. Selain itu pemerintah Omis juga mengadakan jamuan makan malam untuk menghormati Duta Besar Indonesia dan Ny. Sihombing dan seluruh tim kesenian KBRI, demikian Shinta Hapsari.***5****

ZG/B/A011)
(T.H-ZG/B/A011/A011) 10-03-2009 07:49:38

Tidak ada komentar: