Kamis, 12 Maret 2009

KBRI OSLO UNDANG INVESTOR

KBRI OSLO UNDANG INVESTOR NORWEGIA KE RIAU

London, 13/3 (ANTARA) - KBRI Oslo mengundang investor Norwegia untuk menanamkan modalnya di Provinsi Riau.

Pernyataan itu terungkap saat Kuasa Usaha Ad-Interim KBRI Oslo, Mansyur Pangeran, didampingi Minister Counsellor Ekonomi Wening Esthyprobo bertemu dengan Walikota Oslo Fabian Stang di Balai Kota Oslo, Norwegia.

Sekretaris Ketiga Pensosbud Febby Fahrani kepada koresponden Antara London, Kamis mengatakan bahwa pertemuan digelar dalam rangka menjajaki kerjasama dan investasi dengan Provinsi Riau.

Dikatakannya, dalam pertemuan tersebut membuahkan komitmen Pemerintah Kota Oslo menjajaki kerjasama di berbagai bidang seperti perdagangan dan investasi dengan Indonesia.

Selain itu kerjasama antar kota di Indonesia dengan kota-kota di Norwegia sedang gencar diupayakan oleh KBRI Oslo, ujarnya sambil menambahkan bahwa salah satu kerjasama yang sedang diupayakan adalah antara Oslo dan Provinsi Riau.

Dalam pertemuan tersebut, Mansyur Pangeran menyampaikan perkembangan positif di Indonesia yang memiliki potensi sumber kekayaan alam yang besar, seperti minyak dan gas serta geothermal yang sebagian besar belum diolah.

Selain itu, Indonesia juga memiliki potensi yang sangat besar di bidang kelautan, kehutanan dan pertambangan serta kekayaan alam lainnya, ujar Mansyur Pangeran.

Menurut Manyur Pangeran, kerjasama yang intensif antara Indonesia dan Norwegia telah terjalin di sektor energi antara lain dengan masuknya investasi perusahaan energi terbesar Norwegia StatoilHydro di Indonesia sejak tahun 2007.

Dalam kesempatan itu ia menyampaikan beberapa potensi kerjasama antar kota/propinsi yang dapat digarap, antara lain antara Oslo dengan Provinsi Riau yang berencana melakukan roadshow ke beberapa kota di Eropa, termasuk Norwegia pertengahan tahun 2009.


Roadshow
Dalam roadshow tersebut, Provinsi Riau menawarkan kerjasama dan investasi di bidang infrastruktur seperti konstruksi jalan kereta api, Riau Airlines, konstruksi bandara intenasional Pekanbaru berikut terminal kargonya, pengembangan kawasan industri Dumai, Tanjung Buton, Kuala Elok dan Tenayan.

Di sektor pariwisata Provinsi Riau menawarkan investasi pengembangan pulau Rupat Resort, Pulau Jemur Resort dan Pekanbaru Dreamland.

Di sektor lain ditawarkan kerjasama dan investasi di bidang pembangunan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Lubuk Ambacang dan pertambangan batubara serta penyediaan air bersih di Tembilahan dan Dumai.

Riau yang kaya akan hasil perkebunan ini juga menawarkan investasi di bidang industri kelapa sawit dan karet, nanas dan hasil industri perikanan air tawar.
Walikota Fabian Stang menyambut baik tawaran kerjasama dan investasi tersebut dan meneruskan kepada pihak terkait di lingkungannya dan menyatakan akan hadir pada acara pertemuan bisnis/roadshow on investment and trade antara pengusaha Riau dan Norwegia yang diadakan pertengahan 2009.

Guna mengkongkritkan rencana roadshow tersebut KBRI akan mengadakan pertemuan dengan Norwegian Chamber of Commercepada Kamis depan dengan pihak terkait lainnya. ***5***
(U-ZG)
(T.H-ZG/B/Z004/Z004) 13-03-2009 01:12:40

Tidak ada komentar: