Selasa, 10 Maret 2009

LIN DAN 4 KALI JUARA ALL ENGLAND

BULU TANGKIS - LIN DAN EMPAT KALI JUARA ALL ENGLAND

Birmingham, 8/3 (ANTARA) - Peraih medali emas Olimpiade Beijing, Lin Dan, berhasil meraih juara tunggal putra All England untuk yang kempat kalinya setelah mengalahkan unggulan utama dari Malaysia, Chong Wei Lee, di National Indoor Arena Birmigham, Minggu siang waktu setempat.

Pertandingan kedua pemain papan atas bulutangkis itu merupakan ulangan final Olimpiade Beijing, Agustus tahun lalu, dimana Lin Dan menang juga dalam dua game.

Dalam keteranganya kapada wartawan, Lin Dan yang 21-19 dan 21-12, mengatakan bahwa dia akan mempertahankan gelarnya di Olimpiade London 2012.

Menurut Lin Dan, kehidupan tidak banyak berubah sejak ia merebut medali emas Olimpiade dan ia memutuskan untuk terus bermain hingga empat tahun mendatang.

Untuk itu Lin Dan mengatakan bahwa dia tidak akan menikah dalam waktu dekat, walau dia sudah bertunangan dengan pemain bulutangkis lainnya, Xie Xinfang, mantan juara dunia dan All England.

Ketika ditanya kapan mereka akan menikah, Lin Dan menimbulkan tawa di kalangan wartawan ketika mengatakan menikah akan mempengaruhi permainannya di dalam lapangan.

Menurut Lin Dan, ia tidak ingin berhenti di tahun 2012, dan untuk itu ia tidak akan menikah karena akan menjadi penghalang penampilannya.

Lin Dan mengakui bahwa Lee Chong Wei memang pemain bagus dan ia tidak ada taktik khusus dalam menghadapi pemain Malaysia tersebut.

Sementara itu Chong Wei mengakui serangan Lin Dan terlalu cepat membuat ia sulit mengembalikan.

Pertandigan Lin Dan dan Chong Wei Lee bukan yang pertama kali sebagai pemain nomor satu dunia dan menjadi legenda.

Malaysia Chong Wei Lee harus mengakui keungulan lawannya Lin Dan, yang menjadi ungulan kedua, dalam pertandingan yang berlangsung selama 43 menit.

Lin Dan menjadi juara All England untuk pertama kalinya tahun 2004 setelah mengalahkan pemain Denmark Peter Gade dan tahun 2006 mengalahkan pemain Korea Lee Hyun, dan tahun 2007 mengalahkan rekan senegaranya, Chen Yu.

Sementara tunggal putri Cina Wang Yihan (21) berhasil mengalahkan juara bertahan Tine Rasmussen dari Denmark dengan skor 21-19 21-23 21-11.

Perjalanan Wang Yihan di All England kali ini sangat luar biasa. Pemain muda Cina ini berhasil mengalahkan unggulan kedua dari Hongkong, Zhou Mi dan mengalahkan mantan ratu bulutangkis Cina dan 3 kali juara All England Xie Xinfang di babak perempatfinal.

Dalam pertandingan final lainnya Cina merebut gelar ganda campuran, dimaan He Hanbin/Yu Yang yang menjadi unggulan ketiga, mengalahkan pasangan Korea Selatan Ko Sung Hyun/Ha Jung Eun 13-21, 21-15, 21-9 dalam pertandingan yang berlangung kurang dari satu jam.

Di pertadingan ganda Putri yang terjadi All China final, pasangan Yawen Zhang/Tingting Zhao mengalahkan Shu Cheng/Yunlei Zhao dengan angka 21-13 21-15.

Di ganda putra unggulan ketujuh dari Cina , Cai Yun/Fu Haifeng bertanding melawan ganda Korea Han Sang Hoon/Hwang Ji Man.

Sementara itu Indonesia gagal membawa gelar di kejuaraan Super Seri All England setelah dua wakil yang tersisa Flandy Limpele yang bermain bersama pemain putri Rusia Anastasia Russkikh dan Taufik Hidayat gagal di babak semifinal.

(U-ZG)
(T.H-ZG/B/S005/S005) 09-03-2009 01:54:52

Tidak ada komentar: