Selasa, 19 Maret 2013

DALANG BULE



PAGELARAN WAYANG KULIT DALANG BULE DI STOCKHOLM

          London, 19/3 (ANTARA) -  Pementasan Wayang Kulit dengan dalang Urban Wahlstedt seorang bule diiringin Gamelan "Riris Genta Raras" binaan KBRI  yang dimainkan  Diaspora Indonesia di kota Stockholm turut mempromosikan budaya Indonesia.

         Pagelaran wayang bertempat di Tibble Theatre, Täby, Stockholm itu bagian dari keberhasilan membina warga Swedia, Urban Wahlstedt, yang memiliki koleksi wayang Jawa, menjadi dalang  dan turut bermain gamelan  Duta Besar, Dewa Made J. Sastrawan, kata Fungsi Pensosbud KBRI Stokholm Swedia Erlinda Sutendri kepada Antara London, Selasa.

         Pada saat tersebut juga diadakan acara bazar yang diikuti 25 peserta yang menjual berbagai makanan dan minuman khas Indonesia serta barang kerajinan Indonesia.

         Makanan yang disajikan antara lain adalah berupa nasi kuning, masakan Padang, aneka kue asli Indonesia dan bahan makanan asli Indonesia seperti tahu dan tempe, yang semuanya terjual habis.

         Duta Besar RI untuk Kerajaan Swedia, Dewa Made J. Sastrawan menyatakan Kelompok Gamelan Diaspora ¿Riris Genta Raras¿ di Stockholm telah terbukti menjadi elemen utama Diaspora Indonesia di Stockholm dalam mendukung promosi budaya Indonesia, khususnya budaya Jawa di Swedia.

         Di samping itu Anik Sundqvist yang terpilih sebagai Ketua Indonesian Diaspora Networks  Stockholm menyatakan dirinya senang dengan adanya pementasan gamelan dan wayang Jawa yang sepenuhnya dimainkan diaspora Indonesia yang tinggal di Stockholm . 
    Hal  ini menunjukkan meskipun jauh dari tanah air, para Diaspora Indonesia di Stockholm memiliki kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya bermain gamelan.

         Lebih lanjut Anik Sundqvist menyatakan dirinya bersama dengan Wakil Katrun Nada Danielsson dan  Sekretaris Deni Märdvall,  Indonesian Diaspora Network ¿ Stockholm akan terus meningkatkan upaya agar diaspora Indonesia di Stockholm.

         Diaspora berperan aktif dalam mempromosikan budaya Indonesia di Stockholm dan untuk itu penguatan Kelompok Gamelan
    Diaspora Indonesia di Stockholm merupakan hal yang akan menjadi perhatian utama dalam kepengurusannya.

         Diaspora Indonesia di Stockholm sangat antusias atas peran aktif KBRI untuk menyelenggarakan acara promosi budaya dan kulinari Indonesia dengan sepenuhnya melibatkan Diaspora Indonesia dalam penyelenggaraan acara tersebut.

         Semua yang hadir sangat menikmati acara pertunjukan gamelan dan wayang Jawa serta makanan dan minuman yang dijual.

    Baik Diaspora Indonesia maupun masyarakat Swedia yang hadir sangat mendukung agar acara promosi budaya dan kulinari oleh diaspora dengan dukungan KBRI Stockholm tersebut dapat diadakan secara rutin setiap tahun sekali.

    ***1***(ZG)

(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 19-03-2013 06:32:59

               

Tidak ada komentar: